Boss VW Group Tegaskan Ducati Tidak Dijual

Berita Otomotif

Boss VW Group Tegaskan Ducati Tidak Dijual

WOLFSBURG – CEO VW Group berencana untuk menguatkan elektrifikasi seluruh brand di bawah naungan Volkswagen AG, namun tetap mempertahankan brand Lamborghini dan Ducati.

Kabar Ducati yang akan dijual merebak sejak tahun 2017. Penjualan yang tidak sebanding dengan investasi menjadi salah satu penyebab Ducati akan dijual. Beberapa nama telah menyatakan minatnya untuk mengambil alih saham Ducati dari genggaman VW Group.

Kabar yang paling santer terdengar saat itu adalah Bajaj. Perusahaan asal India tersebut menyatakan niatnya untuk mengambil alih kepemilikan Ducati. Lalu nama KTM juga muncul sebagai calon pembeli Ducati satu tahun berikutnya.

Ducati yang tengah terseok-seok nampaknya memang bukan isapan jempol semata. Buktinya banyak pihak yang menyatakan minatnya untuk memiliki saham produsen sepedamotor legendaris asal Italia tersebut.

Meskipun dikatakan terseok-seok soal penjualan, namun faktanya dalam laporan keuangan mereka dinyatakan penjualan naik meskipun tipis. Ducati juga melakukan pengembangan bisnis dengan menyambangi pasar India. Mereka berencana untuk kolaborasi dengan manufaktur India untuk memproduksi motor segmen menengah.

Dengan memproduksi motor kelas menengah, diyakini akan mampu meningkatkan margin penjualan. Terutama dengan mengalihkan produksi di India yang notabene akan memangkas biaya jika memasuki pasar Asia. Modelnya sendiri sempat hadir di dunia maya dan digadang-gadang akan menantang pasar yang dikuasai pabrikan Jepang.

Pandemi covid-19 yang menghantam semua lini bisnis di dunia sejak awal 2020, kembali menghembuskan kabar Ducati akan dijual sahamnya. Pandemi yang berkepanjangan membuat banyak brand mengalami kerugian sehingga terancam bangkrut.
Saham Ducati Tidak Dijual
Reuters baru-baru ini mengabarkan bahwa VW Group mengundang para calon pembeli serius Ducati. Namun rumor ini langsung dibantah oleh CEO VW Group yakni Herbert Diess. Ia mengatakan meskipun diterpa pandemi, baik Ducati maupun Lamborghini tidak akan dijual sahamnya.

Ia juga menyatakan bahwa dua brand tersebut akan berada di bawah naungan Audi. Ducati dan Lamboghini bergabung dengan Bentley juga Bugatti yang juga di bawah naungan Audi. Ducati sendiri melakukan beberapa peluncuran produk terbarunya pada 2020. Bersama Lamborghini mereka meluncurkan produk eksklusif. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar