BMW Kuasai Pasar Mobil Mewah di Masa Pandemi, Mercedes-Benz Keok

Berita Otomotif

BMW Kuasai Pasar Mobil Mewah di Masa Pandemi, Mercedes-Benz Keok

JAKARTA – BMW Group Indonesia pada semester satu 2020 berhasil menjadi pemimpin di pasar mobil mewah, mengalahkan Mercedes-Benz yang biasanya menempati posisi tersebut. Semua berkat agresivitas mereka meluncurkan model-model baru.

Pabrikan yang berpusat di Munich, Jerman itu mengambilalih pasar lewat merek BMW dan MINI. Total penjualan keduanya pada Januari – Juni 2020, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), adalah 1.006 unit untuk wholesales (dari pabrik ke dealer) dan 1.046 unit untuk retail (dari dealer ke konsumen).

Penjualan Mercedes terpaut beberapa ratus unit di bawahnya. Secara wholesales, mereka membukukan 784 unit, sedangkan di sisi retail 833 unit.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year on year), performa keduanya sebenarnya sama-sama turun akibat terpaan pandemi virus Corona (Covid-19) sejak Maret silam. Akan tetapi, kinerja Mercedes-Benz lebih jeblok.

Wholesales BMW Group Indonesia turun 23,44 persen dari sebelumnya 1.006 unit. Adapun kompetitor abadi mereka anjlok 49,48 persen dari sebelumnya 1.552 unit.

Dari sudut pandang retail, kinerja BMW plus MINI turun 20,4 persen dari 1.314 unit pada Januari – Juni 2019. Sementara itu, transaksi jual – beli pesaing mereka yang berlogo ‘Three-pointed Star’ merosot 48,1 persen.

Jodie O’Tania, Communication Director BMW Group Indonesia, ketika berbicara pada Kamis (16/7/2020) menilai keberhasilan menundukkan Mercedes-Benz di setengah tahun pertama 2020 adalah berkat banyaknya model yang mereka luncurkan. Pada Januari – Juni kemarin saja, 9 model anyar mereka rilis.

Dari merek BMW ada Seri 6 GT, M5 35 Years Edition, Seri 3 Touring, X6. Adapun dari merek MINI terdapat Clubman, John Cooper Works Clubman, John Cooper Works Countryman, Countryman Blackhead Edition, hingga Cooper GT Edition.

‘Serangan’ mereka belum selesai. Pada 16 Juli 2020, dua model lagi dilepas ke pasar yakni X3 M Competition plus X4 M Competition.

“Ini (peluncuran banyak produk baru) sebenarnya bukan sesuatu yang datang begitu saja karena kami sudah susun strategi sejak tahun lalu. Kami didukung portofolio kendaraan lengkap. Seperti Seri X yang ada dari mulai X1 sampai X7. Kendaraan kami lengkap, fitur-fitur di dalamnya terbaru dan paling inovatif, lalu aktivitas promosi dalam masa pandemi juga tak berhenti. Kami juga membuat alternatif pembelian melalui toko online,” papar Jodie menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers tersebut.

Rencana peluncuran produk tahun ini belum usai. Di antaranya yang sudah terungkap adalah mobil listrik BMW yang masih dirahasiakan identitasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar