Ini Bocoran Mobil Listrik BMW yang akan Meluncur Virtual Lagi di Indonesia

Berita Otomotif

Ini Bocoran Mobil Listrik BMW yang akan Meluncur Virtual Lagi di Indonesia

JAKARTA – BMW Indonesia memberikan bocoran terbaru soal mobil listrik mereka yang hampir pasti akan meluncur secara virtual lagi tahun ini. Model itu akan berteknologi plug-in hybrid (PHEV).

Seperti diberitakan sebelumnya, BMW telah menjadi pionir peluncuran mobil secara virtual di Indonesia pada 2020. Mereka merilis Seri 6 GT M Sport pada 12 Maret kemarin lewat siaran langsung YouTube karena masuknya pandemi virus Corona ke Nusantara yang membuat segala acara pemicu keramaian publik dibatalkan demi mencegah penularan, dilanjutkan dengan M5 Edition 35 Years pada 3 April.

Merek mobil mewah asal Jerman ini pun membuka peluang melakukannya lagi pada tahun ini jika kondisi masih belum memungkinkan. Salah satunya adalah untuk peluncuran mobil listrik teranyar mereka.

Mobil listrik itu awalnya ingin diperkenalkan jelang Formula E di Jakarta pada 6 Juni mendatang. Ajang balap ini dibatalkan oleh pemerintah provinsi, tapi BMW tetap akan melanjutkan rencana peluncuran.

“Tunggu saja tanggal mainnya. Kami akan membawa plug-in hybrid electric vehicle (PHEV). Meskipun Formula E ditunda, tapi model itu tetap akan kami hadirkan. Tapi kami akan lihat lagi caranya seperti apa. Apakah peluncuran virtual atau cara-cara kreatif lain,” ungkap Jodie O’Tania, Communication Director BMW Group Indonesia menanggapi pertanyaan Mobil123.com ketika dalam BMW Exhibition pada Maret lalu di Plaza Senayan, Jakarta.

Sekadar mengingatkan, pemerintah telah mengeluarkan aturan terkait insentif fiskal maupun nonfiskal bagi segala jenis mobil listrik (hybrid, PHEV, mobil listrik murni) yaitu Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019. Namun, semua insentif ini baru berlaku pada 2021 dan sekarang peraturan-peraturan turunan yang lebih mendetail sedang disusun oleh berbagai kementerian.

BMW telah meluncurkan mobil listrik di Indonesia sejak 2016. Model perdana mereka adalah i8 Coupe yang berteknologi PHEV.

Pada 2018, giliran i8 Roadster yang mengaspal. Selanjutnya, pada 2019, BMW merilis mobil listrik murni i3.

Saat era elektrifikasi kendaraan akhirnya dimulai di Indonesia, BMW ingin serius mengawali dari teknologi PHEV. Sayang, identitas model PHEV selanjutnya yang sedang mereka persiapkan masih mereka rahasiakan.

“PHEV itu pijakan pertama kami. Kami memang mau menuju mobil listrik murni. Tapi kami melihat secara infrastruktur PHEV memang yang paling mumpuni saat ini,” terang Bayu Riyanto, Vice President of Sales BMW Group Indonesia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar