BMW, Daimler dan VW Group Ditantang Pemerintah Jerman

Berita Otomotif

BMW, Daimler dan VW Group Ditantang Pemerintah Jerman

BERLIN - BMW, Daimler dan VW Group mulai ditantang oleh Pemerintah Jerman untuk bisa membuat kendaraan seseksi Tesla.

Peter Altmaier, Federal Minister for Economic Affairs and Energy Jerman menanyakan mengapa ketiga pabrikan kendaraan tersebut belum bisa membangun kendaraan listrik sebaik Tesla. Pertanyaan tersebut Ia sampaikan langsung pada para CEO yang sedang menghadiri sebuah event terkait Artificial Intelligence (AI) di Berlin.

“Saya bertanya-tanya kapan Anda, Mr. Zetsche, atau Anda Mr. Diess atau Mr. Krüger dari BMW, kapan bisa membuat kendaraan listrik, setidaknya seseksi mobil Tesla,” tanyanya.

Dalam pertemuan tersebut memang dihadiri oleh Dieter Zetsche, CEO Daimler dan Herbert Diess, CEO VW Group namun mereka tidak menjawab pertanyaan tersebut. Sementara itu Harald Kruger, CEO BMW sedikit beruntung karena tidak menghadiri pertemuan.

Sebenarnya, desain cenderung sangat subjektif. Bahkan sebenarnya kritik Altmaier terbilang tidak biasa dilakukan di negeri tersebut. Politisi biasanya sangat langka mengkritisi industri di depan publik.

Namun, apa yang Ia kritisi boleh dikatakan tepat sasaran. Ini karena kendaraan listrik yang diproduksi oleh produsen Jerman umumnya memiliki desain identik dengan kendaraan berteknologi kovensional.

Sebut saja VW e-Golf dan Mercedes-Benz B-Class Electric Drive terlihat sangat mirip dengan versi konvensional. Sementara BMW memiliki BMW i3 yang sebenarnya cukup apik, namun sang menteri tampaknya masih belum puas.

Meski demikian, Jerman merupakan salah satu negara yang memiliki banyak produsen mobil berkualitas di dunia. Rasanya, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat para produsen tersebut akan membangun kendaraan listrik berdesain seksi, seseksi Tesla. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar