BMW dan Daimler Resmi Kerjasama Bangun Perusahaan Taksi Online

Berita Otomotif

BMW dan Daimler Resmi Kerjasama Bangun Perusahaan Taksi Online

BRUSSELS — European Competition Network telah menyetujui rencana Daimler dan BMW untuk menggabungkan bisnis car-sharing atau taksi online.

Dalam kerjasama tersebut nantinya akan ada Car2Go dan Drive Now. Car2Go adalah sebuah perusahaan yang melayani car sharing di bawah Daimler sementara Drive Now merupakan perusahan sejenis namun berada di bawah kendali BMW. Nantinya 50 persen saham dari perusahaan joint venture tersebut akan dikuasai Daimler dan 50 persen sisanya dikuasai BMW.

Kerjasama antara keduanya adalah untuk bisa bersaing lebih baik melawan kompetitor mereka yaitu Uber dan perusahaan car sharing asal Cina Didi Chuxing.

European Competition Network juga telah menemukan kesepakatan untuk meningkatkan perhatian terhadap kompetisi car sharing di enam kota yaitu Berlin, Cologne, Duesseldorf, Hamburg, Munich dan Vienna. Daimler dan BMW pun diklaim telah menerima paket perbaikan di enam kota tersebut.

“Komitmen ini untuk mengatasi kekhawatiran karena akan mengurangi batasan untuk masuk ke kompetisi car sharing. Oleh karena itu, kami menyimpulkan bahwa transaksi yang diusulkan untuk dimodifikasi sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran persaingan,” tutur European Competition Network dalam pernyataannya.

Sementara itu di Indonesia, aturan yang mengatur dengan car-sharing atau lebih dikenal sebagai taksi online cenderung kurang baku dan jelas. Akibatnya masih banyak pengemudi yang merasa dicurangi sehingga melakukan unjuk rasa untuk menyampaikan aspirasi mereka. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual