Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

BMW dan Daimler Resmi Kerjasama Bangun Perusahaan Taksi Online

Berita Otomotif

BMW dan Daimler Resmi Kerjasama Bangun Perusahaan Taksi Online

BRUSSELS — European Competition Network telah menyetujui rencana Daimler dan BMW untuk menggabungkan bisnis car-sharing atau taksi online.

Dalam kerjasama tersebut nantinya akan ada Car2Go dan Drive Now. Car2Go adalah sebuah perusahaan yang melayani car sharing di bawah Daimler sementara Drive Now merupakan perusahan sejenis namun berada di bawah kendali BMW. Nantinya 50 persen saham dari perusahaan joint venture tersebut akan dikuasai Daimler dan 50 persen sisanya dikuasai BMW.

Kerjasama antara keduanya adalah untuk bisa bersaing lebih baik melawan kompetitor mereka yaitu Uber dan perusahaan car sharing asal Cina Didi Chuxing.

European Competition Network juga telah menemukan kesepakatan untuk meningkatkan perhatian terhadap kompetisi car sharing di enam kota yaitu Berlin, Cologne, Duesseldorf, Hamburg, Munich dan Vienna. Daimler dan BMW pun diklaim telah menerima paket perbaikan di enam kota tersebut.

“Komitmen ini untuk mengatasi kekhawatiran karena akan mengurangi batasan untuk masuk ke kompetisi car sharing. Oleh karena itu, kami menyimpulkan bahwa transaksi yang diusulkan untuk dimodifikasi sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran persaingan,” tutur European Competition Network dalam pernyataannya.

Sementara itu di Indonesia, aturan yang mengatur dengan car-sharing atau lebih dikenal sebagai taksi online cenderung kurang baku dan jelas. Akibatnya masih banyak pengemudi yang merasa dicurangi sehingga melakukan unjuk rasa untuk menyampaikan aspirasi mereka. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang