Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

BMW Beli Baterai Buatan Cina Senilai Rp 79 Triliun

Berita Otomotif

BMW Beli Baterai Buatan Cina Senilai Rp 79 Triliun

MUNICH - BMW telah menandatangi sebuah kontrak dengan produsen baterai asal Cina, Contemporary Amperex Technology (CATL).

Kontrak tersebut berbunyi tentang pembelian baterai CATL untuk mobil-mobil listrik BMW. Tidak kurang dari 4 miliar euro (setara dengan Rp 79 triliun) akan digelontorkan BMW untuk mendapatkan baterai-baterai tersebut.

Pembelian ini terbilang menarik karena BMW sendiri melakukan pengembangan terhadap baterai untuk mobilnya sendiri. Dengan kesediaan BMW untuk membeli baterai dari Cina menunjukkan bahwa saat ini negari Tirai Banbu tersebut memang memiliki keunggulan dalam teknologi baterai mobil dan menjualnya dengan harga menarik.

Pabrik CATL di Jerman akan berlokasi di provinsi Thuringa dan tahap pertama pembangunan fasilitas ini akan menghabiskan dana sebesar 240 juta euro atau setara Rp 4 triliun. Diperkirakan, fasilitas ini akan memproduksi baterai mobil BMW dengan nilai mencapai 1,5 miliar Euro atau setara Rp 25 triliun.

“Kami ingin dapat menjadi supplier resmi seluruh produsen mobi, di Eropa. Jika proyek Thuringia berhasil, maka bukan tidak mungkin kami akan membangunnya di lokasi lain,” tutur Robin Zeng, CATL Chairman.

Saat ini, BMW menggunakan baterai dari dua supplier berbeda. Namun mereka juga terus membuka diri dengan produsen baterai lain. Hal ini dilakukan agar BMW tidak akan terlalu tergantung dengan satu supplier saja dan tetap dapat mengembangkan baterai sendiri sesuai dengan kebutuhan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang