Daihatsu Ayla Turbo Concept Dikembangkan dengan Biaya Setara 2 Xenia

Berita Otomotif

Daihatsu Ayla Turbo Concept Dikembangkan dengan Biaya Setara 2 Xenia

JAKARTA – Biaya modifikasi Daihatsu Ayla Turbo Concept yang ditampilkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 ternyata sebanding dengan 2 unit Daihatsu Xenia.

Hal ini disampaikan oleh Soni Satriya, Design Engineering Division Research and Develoment Directorate PT ADM di Karawang. Untuk membuat mobil ini sedikitnya pihaknya harus menggelontorkan dana sebesar Rp 500 juta atau setara dengan harga dari dua unit Daihatsu Xenia.

“Biaya kami bagi dua. Untuk Body kit kurang lebih biayanya Rp 260 juta. Ini karena Ayla Trubo harus di dress up untuk keperluan GIIAS. Untuk enginering sendiri kurang lebih Rp 50 jutaan dan penguatan body kendaraan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, karena mobil ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan pameran, maka pengecatannya pun harus melalui beberapa kali proses. Biaya pengecatannya sendiri diklaim mencapai angka Rp 90 juta sehingga tampilan warna menjadi menarik.

Mahalnya biaya pembuatan modifikasi tersebut diklaim Amelia Tjandra. Marketing Direktur PT ADM adalah hal yang wajar. Ini karena beberapa bagian modifikasi harus dibuat sendiri oleh Daihatsu sepeti bemper depan dan beberapa bagian lain. Pengembangannya pun benar-benar dari nol dan menggunakan clay model.

“Itu sebabnya harganya mahal, beda jika modifikasi dilakukan oleh orang lain yang hanya menempel-nempel aksesoris aftermarket Kalau ini benar-benar sesuatu yang baru sehingga harganya mahal,” tambahnya.

Daihatsu Ayla Turbo Concept pertama kali ditampilkan oleh PT ADM sebagai salah satu bintang utama mereka di GIIAS 2018. Kehadiran mobil tersebut diklaim untuk menjadikan salah satu acuan para modifikator Indonesia yang ingin melakukan ubahan terhadap Daihatsu Ayla.

Mobil tersebut merupakan pengembangan khusus dari tim R&D Daihatsu di Indonesia dan dikerjakan selama enam bulan. Hasil pengembangan paling terasa adalah penggunakan teknologi Turbo yang meningkatkan tenaga mesin dari hanya 88 hp menjadi 200 Hp. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar