Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Berbagai Aliran Motor Custom, Dijamin Bikin Tampilan Makin Keren dan Elegan

Panduan Pembeli

Berbagai Aliran Motor Custom, Dijamin Bikin Tampilan Makin Keren dan Elegan

Sepeda motor modifikasi alias motor custom bisa membuat tampilan Anda makin menonjol di jalan. Ada berbagai macam aliran motor custom yang bisa dipilih, sesuai preferensi dan selera Anda.

Motor terkadang tak hanya menjadi moda transportasi untuk bepergian dari satu lokasi menuju lokasi yang lainnya. Sang ‘kuda besi’ juga bisa menjadi alat untuk mengekspresikan diri dan meningkatkan gengsi.

Salah satu caranya adalah dengan mengubah motor standar Anda menjadi motor custom. Dengan melakukan itu, motor pun dapat terlihat lebih keren atau lebih berkelas.

motor custom cafe racer

Meski demikian, tentunya Anda mesti mempersiapkan anggaran lebih. Kisaran biaya membuat motor custom sendiri diketahui sangat beragam dan bahkan bisa mencapai hingga ratusan juta rupiah.

Lantas, apa saja aliran motor custom yang bisa Anda lirik? Simak ulasannya berikut ini, menurut penelusuran dari berbagai sumber.

Aliran Modifikasi atau Custom Sepeda Motor yang Cukup Populer

Aliran modifikasi untuk sepeda motor terbilang sangat banyak. Kategorisasi kebanyakan didasarkan atas ciri khas-ciri khas tertentu pada tampilan.

Secara total, ada lebih dari 20 aliran yang dapat menjadi referensi Anda, ketika menciptakan motor custom.

Daftarnya antara lain terdiri dari Classic Retro, Vintage, Speedway, Low Rider, Thai Look, Street Tracker, Jap Style, Chopper, Supermoto, Café Racer, Trial, Trail, Enduro, Bobber, Sport Full Fairing, Steetfighter, Trike Bike, Touring Bike, Rat Bike, Drag Style, Street Cub.

Oke atau tidaknya aliran itu tergantung selera atau kebutuhan masing-masing. Namun, Mobil123.com akan memilihkan enam aliran di antaranya yang cukup populer.

Bobber

motor custom bobber

Bobber merupakan salah satu aliran motor custom terfavorit. Pasalnya, motor tampil lebih keren dan maskulin tanpa perlu memotong sasis.

Ciri Bobber antara lain ialah wheelbase cukup pendek, setang motor rendah, ban berukuran besar, sepatpor yang dipotong, serta desain tangki bensin yang bulky alias ‘berotot’.

Chopper

motor custom chopper

Chopper cocok untuk Anda yang ingin penampakan motornya menjadi serupa motor besar (motor gede/moge). Ciri khas utamanya ialah kaki-kaki depan panjang, setang yang lebih tinggi diposisikan tinggi, kemudian jok dalam posisi rendah.

Dalam prosesnya, motor custom Chopper konon perlu penyesuaian pada rangka karena sudut kemiringan maupun panjang dari fork (garpu) depan. Motor custom Chopper pun punya kecenderungan memakai ban berdiameter lebih besar di depan, lalu ban dengan profil amat tebal di belakang.

Café Racer

motor custom cafe racer

Aliran motor custom keren lainnya ialah Café Racer. Tujuannya adalah membuat penampakan motor menjadi serupa dengan motor-motor balap zaman dahulu.

Motor custom Café Racer punya jok single-seater, dengan bentuk bagian belakang yang membulat. Setangnya model jepit yang membuat posisi mengendara agak menunduk, sehingga cukup pegal kalau dipakai untuk aktivitas harian atau bepergian panjang.

Tangki bahan bakar ramping dan memanjang. Adapun bodi bisa dibuat dengan atau tanpa fairing.

Scrambler

motor custom scrambler

Konsep dasar motor custom Scrambler ialah motor balap yang dapat dipakai di jalan berbatu/berpasir dan juga jalan aspal. Ubahan-ubahannya mulai dari sasis, kaki-kaki, bodi, setang, knalpot, tangki bensin, hingga ban.

Ciri khas paling kentara dari Scrambler adalah penggunaan ban dual-sport berprofil besar plus lebar yang memiliki kembang kotak-kotak, knalpot berposisi agak naik, juga setang sport yang agak tinggi sehingga memiliki kesan gagah. Tangki bensinnya juga punya maskulin, tapi tak terlalu bulky.

Classic Retro

motor custom classic retro

Motor custom dengan tongkrongan Classic Retro punya basis penggemar yang kuat. Bahkan, hingga saat ini, masih ada motor baru dengan potongan Classic Retro, tanpa perlu dimodifikasi lagi.

Seperti namanya, aliran ini bertujuan membuat tampang motor menjadi seperti model-model keluaran zaman dahulu. Beberapa contohnya saja adalah penggantian pelek standar menjadi pelek model jari-jari yang sangat ‘old school’, spion tangkai panjang berbentuk bulat, dan lain sebagainya.

Street Cub

motor custom street cub

Nah, untuk para pemilik motor underbone alias motor bebek, aliran modifikasi Street Cub bisa dipilih untuk membuat tampilan ‘kuda besi’ jadi lebih elegan. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat motor custom aliran ini pun relatif terjangkau.

Bahkan, motor-motor bebek tua juga cocok digubah menjadi motor custom Street Cub. Intinya adalah membuat ‘wajahnya’ menjadi keren-berotot, dengan ciri utama setang flat-lebar dan sepatbor yang dihilangkan.

Menggunakan Motor Bekas untuk Dijadikan Motor Custom

motor custom

Ada cukup banyak motor bekas yang kerap dijadikan sebagai ‘bahan mentah’ untuk motor custom. Alasannya bisa berbagai macam, mulai dari desain asli atau pun komponen bawaan yang sudah cukup mendukung, mesin bandel, atau modelnya memang ikonik.

Berikut ini adalah daftar sebagian motor bekas yang kerap disulap jadi motor custom:

  • Yamaha Byson
  • Yamah Scorpio
  • Yamaha RX King
  • Yamaha RX Twin
  • Honda Tiger
  • Honda Mega Pro
  • Honda S90
  • Honda GL100
  • Honda Astrea Grand
  • Honda Astrea Prima
  • Honda Astrea Impressa
  • Suzuki Thunder
  • Suzuki A100
  • Suzuki Inazuma
  • Kawasaki Ninja 250

Bengkel Motor Custom Terkenal di Indonesia

motor custom chopper

Membuat motor custom terbilang gampang-gampang susah. Anda perlu memperhatikan beragam hal seperti selera pribadi, kecocokan model motor dengan konsep modifikasi yang diinginkan, hingga biaya yang diperlukan.

Anda sebaiknya juga menyeleksi baik-baik bengkel modifikasi yang akan akan pilih untuk menggarap motor Anda. Jika tidak, kualitas pengerjaan dan kerapihan menjadi taruhan utamanya.

Belum lagi kalau ternyata biaya yang dikeluar untuk membuat motor custom itu tidak sesuai dengan hasil akhirnya.

Jika ingin aman, Anda bisa memilih bengkel-bengkel modifikasi yang sudah memiliki reputasi baik dan juga nama yang populer. Berikut adalah sekelumit pilihan yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Katros Garage
  • Elders Garage
  • Newspeed Garage
  • Central Classic Custom
  • Trive Motorcycle
  • Digioto
  • Lawless Jakarta Garage
  • Smoked Garage Bali
  • Kickass Choper
  • Bimo Custom Bikes
  • Mr Classic
  • Gator (Gallery Motor)
  • Busi Custom

Di antara bengkel-bengkel modifikasi motor itu, ada yang spesifik memilih untuk fokus pada motor custom dengan aliran tertentu.

Di samping itu, ada di antara mereka yang sudah pernah menangani motor Presiden Joko Widodo beserta keluarganya. Sebut saja Katros Garage plus Elders Garage.

Kesimpulan

motor custom

Ada begitu banyak aliran motor custom. Sebaiknya, sesuaikan aliran yang Anda pilih dengan ‘bahan mentah’, keperluan penggunaan motor, hingga tentu saja bujet yang Anda miliki.

Lalu, bagian yang tak kalah penting adalah menentukan bengkel motor custom untuk mengerjakan proyek Anda. Ada nama-nama di dalam industri kreatif ini yang sudah tersohor, tapi tentu saja prinsip ‘ada uang ada kualitas’ kerap berlaku di dalamnya.

Motor custom dengan kualitas dan hasil akhir yang baik akan meningkatkan gengsi Anda di lingkaran-lingkaran pertemanan. Di jalanan, Anda pun bisa menarik perhatian dari berbagai pihak.

Malahan, bisa jadi ada yang mengira bahwa Anda sedang mengendarai motor mahal atau bahkan moge. Jadi, tunggu apalagi, segera ubah motor standar Anda menjadi motor custom yang memukau mata! [Xan/YS]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang