Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Baru Setahun Meluncur, Recall Toyota Raize Diyakini Bisa Cepat Selesai

Berita Otomotif

Baru Setahun Meluncur, Recall Toyota Raize Diyakini Bisa Cepat Selesai

JAKARTA - Toyota percaya kampanye recall (penarikan dan perbaikan gratis) Raize bisa diselesaikan dalam waktu relatif cepat. Soalnya, model ini belum lama meluncur.

Seperti diberitakan sebelumnya, 14.777 unit Raize dari periode produksi November 2020 sampai Oktober 2021 terkena recall. Penyebabnya adalah kemungkinan masalah pengelasan pada apron fender depan.

Ditemui di sela-sela Jakarta Auto Week 2022 yang berlangsung 12-20 Maret, Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy meyakini komunikasi mengenai kampanye recall Raize kepada para pemilik relatif lebih mudah.

Soalnya, Raize baru mengaspal di Tanah Air pada April 2021 sehingga baru dijual sekitar setahun. Oleh karena itu pula, kemajuan kampanye recall-nya pun dipercaya bisa relatif cepat.

“Dalam waktu tiga sampai enam bulan harapan kami kira-kira 60 persen dari konsumen bisa kembali (ke bengkel untuk perbaikan). Saya rasa ini tidak terlalu sulit karena Raize ini model yang masih baru. Jadi masih tangan pertama. Mudah-mudahan bisa lebih cepat, lah,” ujar Anton di Senayan, Jakarta.

Ia menilai recall Raize sebagai bentuk kepedulian Toyota terhadap kepentingan konsumen. Ini dilakukan meski keluhan konsumen mengenai permasalahan apron fender depan sangat sedikit.

“Begitu kami mengetahui ada satu hal yang harus kami improve (sempurnakan), kami segera informasikan kepada konsumen,” sebut Anton.

“Improvement ini juga bisa menjadi kepuasan dan kepastian dari kualitas produk itu sendiri,” lanjut dia.

Bukan hanya Raize yang mengalami recall. ‘Saudaranya’ yang diproduksi di satu pabrik dan berbagai platform yang sama, Daihatsu Rocky, juga mengalami nasib serupa.

Sekadar mengingatkan, keduanya sama-sama diproduksi di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM). Raize-Rocky merupakan produk kolaborasi Toyota-Daihatsu kelima di Indonesia setelah Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla, Calya-Sigra.

Lebih lanjut, sebanyak 9.378 unit Rocky terkena recall dengan alasan yang sama. Unit-unit itu merupakan rakitan periode 28 April-7 Oktober 2021.

Daihatsu pun tidak khawatir citra produk mereka menjadi jelek karena recall Rocky yang juga baru berusia sekitar setahun.

“Justru kami menganggap recall itu bagian dari citra kami yang mengutamakan kualitas dan kami melakukan recall secara terbuka,” kata Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director Amelia Tjandra dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang