Ban Hankook Buatan Bekasi Lebih Laris di Amerika

Berita Otomotif

Ban Hankook Buatan Bekasi Lebih Laris di Amerika

BEKASI – Ban Hankook memang kurang terdengar gaungnya di Indonesia. Meski demikian, jumlah ekspor ban dari perusahaan asal korea tersebut ternyata cukup mengagumkan.

Dalam satu hari, pabrik Hankook yang terletak di Bekasi mampu memproduksi sedikitnya 32.000 ban. Dalam satu tahun, jumlah ban yang bisa diproduksi mencapai 12 juta ban. Jumlah tersebut sebagian besar di ekspor ke beberapa negara.

“Dari 12 juta ban tersebut, 92 persen di antaranya diperuntukkan pasar ekspor. 8 persen sisanya untuk keperluan domestik baik untuk OEM maupun untuk keperluan aftermarket kami,” ungkap Hyon Young Seop, Senior Manager Corporate Management Team Hankook Tire Indonesia.

Jumlah ekspor terbesar adalah wilayah Amerika Utara dan Selatan yang mencapai 48,3 persen  lalu Eropa 16 persen, Timur Tengah dan Asia Pasifik 23 persen, Korea 0,2 persen serta untuk keperluan OEM sebesar 4,5 persen.

Meski terdengar besar, namun jumlah produksi ban di Indonesia ternyata bukanlah yang terbesar di dunia. Tercatat, pabrik Hankook di Indonesia hanya mampu menyumbang 10 persen dari total produksi ban Hankook di seluruh dunia.

Dari delapan pabrik ban Hankook di seluruh dunia, tiga pabrik Hankook di Cina berhasil menjadi penyumbang terbesar. Jumlah produksinya mencapai 29,5 persen disusul oleh pabrik mereka di Geumsan, Korea Selatan dengan jumlah produksi mencapai 21 persen dan pabrik Daejon, Korea Selatan mencapai 19 persen.

Sementara pabrik Hankook Tire di Hungaria memenuhi produksi sebesar 16 persen lalu Indonesia dengan 10 persen dan terakhir di Amerika Serikat 4,5 persen. Total, Hankook Tire memproduksi sebanyal 110 juta ban setiap tahunnya. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual