Ini Tahapan Produksi Ban Hankook Tire

Berita Otomotif

Ini Tahapan Produksi Ban Hankook Tire

BEKASI – Hankook Tire Indonesia memperlihatkan sejumlah tahapan dalam memproduksi ban.

Untuk menjadi satu buah ban, sedikitnya ada sekitar 7 tahapan yang harus dilakukan dari bahan mentah. Tahapan pertama adalah mixing, pencetakan lembaran karet, pemotoongan, assembling dan pematangan.

Pada tahap pertama, bahan mentah dicampurkan dengan beberapa bahan lain untuk membentuk lembaran ban. Pada tahap ini, bahan mentah harus dipastikan bebas dari benda asing seperti serangga dan sebagainya.

Lembaran-lembaran tersbeut kemudian dibagi dua yaitu untuk tapak ban dan dinding ban. Lembaran ban untuk tapak ban akan diperkuat dengan baja sementara untuk dinding ban akan digabungkan bahan tekstil.

Proses berikutnya adalah assembling. Pada tahap ini, lembaran tapak ban dan dinding ban dipotong sesuai kebutuhan. Potongan tersebut kemudian digabungkan dengan suhu panas hingga menjadi ban setengah jadi. Ban ini disebut dengan green tire.

Grren tire tersebut kemudian didinginakan terlebih dulu beberapa saat dan kemudian akan masuk ke tahap vulkanisasi atau pematangan. Di tahap ini, ban akan dibuat kembangannya dan dipanaskan dengan suhu mencapai 160 derajat selama 12 menit untuk satu ban. Ban yang panas tersebut kemudian didinginkan dan diisi Nitrogen. Langkah ini juga untuk memastikan bahwa ban berada dalam kondisi yang baik.

Setelah ban selesai diproduksi maka ban akan melalui sejumlah pemeriksaan mulai dari pemeriksaan yang dilakukan manusia, mesin, x-ray dan kemudian diperiksa lagi menjelang pengiriman ke pelabuhan-pelabuhan di Indonesia.

Pabrik Hankook Tire Indonesia mampu memproduksi sedikitnya 32.000 ban. Dalam satu tahun, jumlah ban yang bisa diproduksi mencapai 12 juta ban. Jumlah tersebut sebagian besar di ekspor ke beberapa negara. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar