Waspada Cacat Produksi atau Kerusakan Velg Bernama Pinhole

Panduan Pembeli

Waspada Cacat Produksi atau Kerusakan Velg Bernama Pinhole

JAKARTA – Cacat bawaan pada velg kendaraan memang terbilang minim, namun HSR Wheel tetap menyarankan pada masyarakat tetap berhati-hati khususnya pada pinhole.

Pinhole adalah adanya kebocoran tipis pada velg yang menyebabkan angin pada ban menjadi berkurang, bahkan habis. Kerusakan tersebut merupakan cacat pabrik yang sulit untuk dideteksi secara langsung.

“Tidak bisa dilihat, pinhole harus diperiksa dengan mencelupkan ban yang sudah terisi dengan angin ke dalam air. Dari situ baru terlihat apakah ada gelumbung atau tidak. Kalau ada gelembung dari velg, maka ada kebocoran,” ungkap Hendra Wijaya, Marketing Director HSR Wheel.

Kerusakan tersebut sebenarnya masih bisa diperbaiki dengan cara di las, namun Hendra menegaskan bahwa mereka akan bertanggung jawab penuh bila ada pinhole di produk HSR Wheel. Tanggung jawab tersebut adalah dengan mengganti velg rusak dengan yang baru.

“Kami tidak menutup kemungkinan ada produk yang seperti itu. Bisa saja dari 1000 velg, ada satu yang mengalami kerusakan. Dan untuk itu, kami tanggung jawab langsung dengan mengganti velg baru,” tegasnya.

Cacat produksi lain yang bisa diadukan adalah adanya keretakan pada velg meski hanya membentur lubang kecil. Kondisi tersebut bisa langsung diklaim ke toko HSR Wheel dan pelanggan bisa mendapat ganti velg baru.

“Kerusakan velg karena membentur lubang biasanya hanya menyebabkan kerusakan kecil sepeti peyang pada mobil. Tapi kalau sampai ada keretakan  yang menyeluruh di velg, itu artinya memang ada kesalahan dari produksi dan kami bertanggung jawab atas hal tersebut,” tegasnya.

Meski mengaku bertanggung jawab, sepanjang 2019 HSR Wheel hanya mendapat sekitar 10 klaim. Padahal pada tahun tersebut, mereka berhasil menjual lebih dari 1000 velg. Itu artinya hanya 1 persen kerusakan yang terjadi dari seluruh velg HKS Wheel. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support