Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Awas, Jangan Letakkan Barang Bawaan di Posisi Ini

Panduan Pembeli

Awas, Jangan Letakkan Barang Bawaan di Posisi Ini

JAKARTA - Mengemudi mobil memang memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah dapat membawa banyak bawaan. Namun dari sekian banyak lokasi penyimpanan, ada satu lokasi yang sebaiknya dihindari untuk meletakkan barang.

Lokasi tersebut adalah di bawah jok pengemudi. Meletakkan barang di bawah jok terbilang berbahaya karena saat pengemudi harus melakukan pengereman mendadak, maka barang-barang tersebut berpotensi terpental ke depan dan menekan pedal gas.

“Umumnya pengemudi meletakkan sepatu di bawah jok. Padahal kondisi tersebut berbahaya karena saat pengemudi melakukan pengereman, maka benda-benda tersebut bisa terpental ke depan dan menekan pedal gas. Atau mungkin saja benda-benda tersebut tersangkut sehingga pedal rem tidak bisa ditekan maksimal,” ungkap Jusri Pulubuhu Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Resiko-resiko tersebut dapat dengan mudah meningkatkan resiko kecelakaan yang seharusnya bisa diantisipasi oleh pengendara. Untuk itu Ia menyarankan agar kolong jok pengemudi selalu dalam kondisi kosong.

Tak hanya itu, Ia pun menyarankan untuk menghindari membawa barang terlalu banyak. Hal ini dikarenakan barang-barang tersebut dapat menjadi benda yang berpotensi untuk menambah cedera pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan.

“Jadi sebaiknya barang yang dibawa tidak terlalu banyak, seperlunya saja. Selain itu letakkan barang di satu tempat tertutup atau dipasangkan jaring sehingga barang tidak mudah tercecer,” tambahnya kemudian.

Dengan melakukan hal tersebut maka diharapkan resiko bertambahnya cedera pada pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan dapat berkurang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang