Awas, Jangan Letakkan Barang Bawaan di Posisi Ini

Panduan Pembeli

Awas, Jangan Letakkan Barang Bawaan di Posisi Ini

JAKARTA - Mengemudi mobil memang memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah dapat membawa banyak bawaan. Namun dari sekian banyak lokasi penyimpanan, ada satu lokasi yang sebaiknya dihindari untuk meletakkan barang.

Lokasi tersebut adalah di bawah jok pengemudi. Meletakkan barang di bawah jok terbilang berbahaya karena saat pengemudi harus melakukan pengereman mendadak, maka barang-barang tersebut berpotensi terpental ke depan dan menekan pedal gas.

“Umumnya pengemudi meletakkan sepatu di bawah jok. Padahal kondisi tersebut berbahaya karena saat pengemudi melakukan pengereman, maka benda-benda tersebut bisa terpental ke depan dan menekan pedal gas. Atau mungkin saja benda-benda tersebut tersangkut sehingga pedal rem tidak bisa ditekan maksimal,” ungkap Jusri Pulubuhu Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Resiko-resiko tersebut dapat dengan mudah meningkatkan resiko kecelakaan yang seharusnya bisa diantisipasi oleh pengendara. Untuk itu Ia menyarankan agar kolong jok pengemudi selalu dalam kondisi kosong.

Tak hanya itu, Ia pun menyarankan untuk menghindari membawa barang terlalu banyak. Hal ini dikarenakan barang-barang tersebut dapat menjadi benda yang berpotensi untuk menambah cedera pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan.

“Jadi sebaiknya barang yang dibawa tidak terlalu banyak, seperlunya saja. Selain itu letakkan barang di satu tempat tertutup atau dipasangkan jaring sehingga barang tidak mudah tercecer,” tambahnya kemudian.

Dengan melakukan hal tersebut maka diharapkan resiko bertambahnya cedera pada pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan dapat berkurang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual