Warna Silver Ternyata Bukan Warna Aman untuk Mobil

Panduan Pembeli

Warna Silver Ternyata Bukan Warna Aman untuk Mobil

JAKARTA – Warna silver ternyata bukanlah warna yang baik untuk digunakan pada mobil karena alasan terganggunya pandangan.

Hal ini disampaikan oleh Jusri Pulubuhu Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) pada Mobil123.com. Ia mengatakan bahwa warna silver akan sulit terlihat dijalan khususnya bila mobil sedang berjalan.

“Warna silver itu cukup sulit untuk diperhatikan, sulit untuk bisa dinotifikasi. Jika di jalan, Silver akan terkesan menyatu dengan aspal. Apalagi bila warna silvernya sudah tertutup dengan debu dan sebagainya, akan semakin lebih sulit terlihat,” ungkapnya.

Meski demikian, kondisi tersebut umumnya hanya terjadi bila mobil digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Bila hanya untuk di jalanan perkotaan yang padat, maka kondisi tersebut lebih dapat ditoleransi.

Sementara itu menurut Jusri, mobil dengan warna putih adalah warna yang paling aman untuk digunakan sehari-hari. Warnanya yang terang bisa lebih mudah untuk terlihat mata meski dari jarak jauh sekalipun.

“Warna terang adalah warna yang baik, mudah dilihat. Paling ideal adalah warna putih, paling mudah dilihat. Untunya belakangan ini di Indonesia warna putih sudah menjadi salah satu warna yang paling disukai,” tambahnya.

Selain warna putih, menurutnya warna merah, kuning, hijau dan biru juga merupakan warna kendaraan yang aman untuk digunakan pada mobil. Hanya saja Ia mengakui bahwa dari segi estetika umumnya akan kurang apik.

Saat ini di Indonesia, warna mobil umumnya dikuasai oleh warna hitam, silver serta putih dan tren warna di tahun ini pun diperkirakan masih tetap akan sama. Ironisnya, meski warna-warna terang merupakan warna yang aman, namun mobil dengan warna terang cenderung mengalami depresiasi  lebih besar ketimbang dengan warna mainstream. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support