Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Warna Silver Ternyata Bukan Warna Aman untuk Mobil

Panduan Pembeli

Warna Silver Ternyata Bukan Warna Aman untuk Mobil

JAKARTA – Warna silver ternyata bukanlah warna yang baik untuk digunakan pada mobil karena alasan terganggunya pandangan.

Hal ini disampaikan oleh Jusri Pulubuhu Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) pada Mobil123.com. Ia mengatakan bahwa warna silver akan sulit terlihat dijalan khususnya bila mobil sedang berjalan.

“Warna silver itu cukup sulit untuk diperhatikan, sulit untuk bisa dinotifikasi. Jika di jalan, Silver akan terkesan menyatu dengan aspal. Apalagi bila warna silvernya sudah tertutup dengan debu dan sebagainya, akan semakin lebih sulit terlihat,” ungkapnya.

Meski demikian, kondisi tersebut umumnya hanya terjadi bila mobil digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Bila hanya untuk di jalanan perkotaan yang padat, maka kondisi tersebut lebih dapat ditoleransi.

Sementara itu menurut Jusri, mobil dengan warna putih adalah warna yang paling aman untuk digunakan sehari-hari. Warnanya yang terang bisa lebih mudah untuk terlihat mata meski dari jarak jauh sekalipun.

“Warna terang adalah warna yang baik, mudah dilihat. Paling ideal adalah warna putih, paling mudah dilihat. Untunya belakangan ini di Indonesia warna putih sudah menjadi salah satu warna yang paling disukai,” tambahnya.

Selain warna putih, menurutnya warna merah, kuning, hijau dan biru juga merupakan warna kendaraan yang aman untuk digunakan pada mobil. Hanya saja Ia mengakui bahwa dari segi estetika umumnya akan kurang apik.

Saat ini di Indonesia, warna mobil umumnya dikuasai oleh warna hitam, silver serta putih dan tren warna di tahun ini pun diperkirakan masih tetap akan sama. Ironisnya, meski warna-warna terang merupakan warna yang aman, namun mobil dengan warna terang cenderung mengalami depresiasi  lebih besar ketimbang dengan warna mainstream. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang