Awas, Ada 98 Kamera Tilang Elektronik Disebar di Jakarta, Bekasi, Depok

Berita Otomotif

Awas, Ada 98 Kamera Tilang Elektronik Disebar di Jakarta, Bekasi, Depok

JAKARTA – Warga Jakarta, Bekasi dan Depok kini harus lebih disiplin dalam berkendara bila tidak mau mendapatkan tilang dari Kepolisian.

Hal ini karena Korlantas Polri dan Ditlantas Polda Metro Jaya akan menyebar 98 karena tilang elektronik di Depok hingga Bekasi. Sebanyak 98 kamera ELTE yang akan dilaunching di wilayah Polda Metro Jaya terdiri dari 57 kamera ETLE eksisting dan 41 kamera ETLE baru.

"41 kamera ETLE tersebut berada di 10 koridor Transjakarta kemudian di beberapa titik di jalan tol, kemudian ada sekaligus juga kamera ETLE di Depok dan Kabupaten Bekasi. Itu semua akan dilaksanakan pada 23 Maret 202," tutur Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.P.C.,

Jika sebelumnya pengendara hanya disiplin di Jakarta, maka diharapkan ketika di Depok dan Bekasi mereka juga tetap disiplin. Dengan demikian maka bukan tidak mungkin kemacetan serta kejadian kecelakaan dapat berkurang di masa depan.

Kamera tilang elektronik

41 kamera baru itu akan disebar baik di ruas jalan tol, jalur busway hingga di wilayah-wilayah yang belum terpasang kamera ETLE. Termasuk pemasangan di luar Jakarta, seperti Kota Depok dan Bekasi.

“(Kamera dipasang) di beberapa ruas Jakarta kemudian ada di 10 koridor TransJakarta ditambah yang ada di jalan tol serta ETLE di Bekasi Kabupaten dan Depok yang juga nanti akan dilaunching bersamaan,” jelas Dirlantas.

Selain itu, Kamera E-TLE baru ini akan memiliki kelebihan dibanding kamera sebelumnya. Yakni bisa mendeteksi kecepatan kendaraan, hingga pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm.

Sebelumnya diberitakan bahwa pihak Kepolisian hendak meluncurkan penerapan tilang elektronik secara Nasional pada 23 Maret 2021. Pada tahap pertama ini, rencananya tilang elektronik secara nasional akan diterapkan di 12 Polda. Angka itu naik bila dibandingkan rencana awal yang hanya akan diterapkan di 10 Polda dengan total kamera ETLE sebanyak 250 kamera.

Saat ini, seluruh infrastruktur penunjang penerapan tilang elektronik tersebut sedang dikebut pengerjaannya. Baik itu dalam hal perangkat keras seperti kamera CCTV atau perangkat lunak, seperti software. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar