Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Arus Balik Diprediksi Masih Terjadi Hingga 17 Juni 2019

Panduan Pembeli

Arus Balik Diprediksi Masih Terjadi Hingga 17 Juni 2019

PURWAKARTA - Hari raya Lebaran Idul Fitri sudah lewat hampir sepekan dan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah pun baru saja berakhir, tapi arus balik para pemudik diperkirakan masih terjadi hingga akhir minggu ini.

Idul Fitri jatuh pada 5 Juni lalu. Adapun cuti bersama resmi berakhir pada Senin (10/6/2019) kemarin.

Namun, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia memprediksi arus balik masih berlangsung cukup panjang. Bahkan, arus kendaraan yang mengarah dari daerah, khususnya Jawa, ke Jakarta diyakini masih terjadi hingga 15 - 17 Juni.

Analisis tersebut diambil berdasarkan pantauan dari volume kendaraan yang melintas ke arah Jakarta. Pasalnya, jumlahnya, hingga kemarin, baru 1 juta unit.

Volume itu masihlah 65 persen dari total kendaraan saat arus mudik. Ketika itu, unit yang terhitung adalah 1,3 juta unit.

“Melihat yang belum kembali, dari 100% kendaraan yang baru kembali itu angka 65%, atau dari 1,3 juta yang mudik saat itu, yang kembali baru satu juta, yang 350 ribu belum kembali,” kata Irjen (Pol) Refdi Andri, Kepala Korlantas Polri, kepada wartawan di Pos Pantau Cikopo, Purwakarta, Senin (10/6/2019) seperti dikutip dari situs resmi NTMC Polri.

Kakorlantas menyebut 350 ribu kendaraan itu diprediksi baru kembali di tanggal 15 hingga 17 Juni 2019. Oleh sebab itu arus balik baru normal setelah tanggal tersebut, tepatnya pada Selasa (18/6/2019).

“Kami memperkirakan bahwa masyarakat pemudik nantinya akan balik dalam sehari dua hari, bahkan tiga hari kedepan,” tambah Refdi.

Para regulator sendiri telah menyusun berbagai strategi yang hingga saat ini terpantau efektif melerai kepadatan arus mudik atau pun balik. Dan strategi paling utama adalah rekayasa lalu lintas Contra Flow (penambahan jalur di arah tertentu dengan mengurangi jalur di arah sebaliknya) serta One Way (satu arah sepenuhnya) di titik-titik Tol Trans Jawa. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang