Puncak Arus Balik 8 - 9 Juni, Ini Jadwal One Way ke Arah Jakarta

Berita Otomotif

Puncak Arus Balik 8 - 9 Juni, Ini Jadwal One Way ke Arah Jakarta

SUMENEP - Puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 2019 sudah terlewati dan pemerintah menyiapkan strategi untuk melerai kepadatan selama puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada akhir pekan nanti.

Puncak arus balik kendaraan mengarah ke Jakarta, menurut prediksi Kementerian Perhubungan yang diumumkan melalui situs resmi mereka pada awal pekan ini, adalah 8 dan 9 Juni mendatang. Idul Fitri sendiri dipastikan jatuh pada Rabu (5/6/2019) mendatang.

Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan, di sela-sela kunjungan ke Pelabuhan Kalianget, Sumenep, menghimbau para pemudik merencanakan perjalanan pulang ke Ibu Kota sebelum puncak arus mudik atau setelahnya. Ini agar tidak terjadi penumpukan di satu waktu tertentu.

“Jeda hari sisa cuti bersama dengan waktu masuk kerja karyawan setelah Lebaran sangat sempit. Untuk itu kami menyarankan kalau pulang itu sebaiknya tanggal 6,7 atau 10 Juni karena tanggal 8 dan 9 Juni itu akan puncak sekali. Bisa dibayangkan kepadatannya karena pada waktu arus mudik ada waktu 8 hari, sementara untuk arus baliknya hanya 4 atau 5 hari,” kata dia.

One Way Arus Balik
Budi menjelaskan saat ini pihaknya bersama-sama dengan Korlantas Polri dan pihak-pihak terkait lainnya tengah menyiapkan strategi penanganan pada arus balik Lebaran. Rencananya, untuk arus balik, para regulator pun akan memberlakukan sistem rekayasa lalu lintas one way (satu arah) seperti pada arus mudik.

Tanggal pemberlakuan one way arus balik sudah ditetapkan yaitu pada 8 - 10 Juni. Adapun titiknya mulai dari Tol Palimanan KM 189 sampai dengan Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) KM 70.

Sementara itu, sistem one way untuk arus mudik hingga kini dilaporkan berjalan dengan sangat baik serta efektif. One way tol Jakarta - Cikampek mulai KM 70 hingga KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung yang penerapannya semula hanya sampai Minggu (2/6/2019) dilanjutkan sampai Senin (3/6/2019) kemarin.

Budi menerangkan penerapan one way ini akan bersifat situasional dan dinamis. Jika arus lalu lintas lancar maka rencananya sistem ini tidak berlaku hingga pukul 21.00 seperti biasanya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support