Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

All New Toyota Agya Debut Global, Varian GR Sport Bukan LCGC Lagi!

Mobil Baru

All New Toyota Agya Debut Global, Varian GR Sport Bukan LCGC Lagi!

JAKARTA – All New Toyota Agya menjalani world premiere (debut global) di Indonesia. Strateginya di pasar kini mirip dengan Honda Brio yang terbagi ke dalam dua segmen.

All New Agya diperkenalkan untuk pertama kalinya di dunia pada Senin (13/2/2023) di Jakarta.

Agya generasi kedua tersebut hadir 10 tahun setelah model ini merambah pasar otomotif nasional di segmen LCGC, segmen mobil termurah yang mendapatkan insentif pemerintah.

“Kami melakukan world premiere dulu sebab ini, kan, produk global. Jadi, kami lebih fokus untuk memperkenalkan produknya dan (mengomunikasikan) cerita pengembangannya dulu. Nanti, ketika sudah saatnya, akan kami informasikan lagi tentang peluncuran dan penjualannya,” ucap Vice President Director PT. Toyota Astra Motor Henry Tanoto usai seremoni.

All New Toyota Agya GR Sport 2023

Belum semua informasi terkait All New Agya diungkap.

Salah satu yang sudah dibuka adalah keputusan mengeluarkan All New Agya GR Sport sebagai varian termewah dari segmen LCGC.

“Kami melihat ada tren ubahan-ubahan yang mengharapkan city car ini punya performa sporty. Makanya, kami perkenalkan All New Agya GR Sport,” tandas Henry.

“Varian yang bukan GR Sport ada segmen LCGC dan yang GR Sport akan main di segmen yang baru,” lanjut dia.

Sebagai perbandingan, strategi tersebut identik dengan Brio. Model itu sejak awal memisahkan antara model yang bertarung di segmen LCGC (Brio Satya) dengan city car (Brio RS).

Dengan demikian, varian tertinggi Brio tidak terbatasi dengan aturan-aturan dari pemerintah. Termasuk soal pembatasan harga maupun pengembangan modelnya.

Spesifikasi dan Konsumsi BBM All New Toyota Agya

All New Toyota Agya 2023

Executive Chief Engineer Toyota Motor Corporation Toshihiro Nakaho menerangkan desain eksterior dari generasi kedua Agya dibuat dengan konsep dasar ‘Styling Powerful’.

Dimensinya juga menjadi lebih besar.

Adapun sisi interior digubah dengan konsep ‘Advance and Wide Image of Horizontal Line’. Penambahan dimensi membuat kabin maupun kapasitas bagasi menjadi bertambah besar.

Aspek teknis dipermak untuk meningkatkan lima hal: durability (ketahanan), capabilities (kapabilitas), safety (keamanan), reliability (keandalan), performance (performa).

Platform All New Agya menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Dapur pacu milik 'kakaknya' Daihatsu Ayla ini juga menggunakan mesin baru, demikian pula transmisinya.

Girboks otomatis sekarang menggunakan Continuously Variable Timing (CVT). 

Alhasil, tenaga All New Agya diklaim meningkat 20 persen. Lalu, akselerasi 40-80 km per jam membaik dari 7,2 detik menjadi 6,7 detik.

Adapun konsumsi bahan bakar minyak (BBM) All New Agya diklaim mencapai 21,7 km per liter untuk transmisi manual, dari sebelumnya 19,5 km per liter.

Lalu, konsumsi BBM All New Agya transmisi CVT berubah dari 19,7 km per liter menjadi 21,0 km per liter.

Suspensi All New Agya juga diperbarui sehingga lebih kaku dan lebih stabil bermanuver.

Varian GR Sport bahkan mendapatkan setelan khusus pada power steering, steering gear, plus shock absorber dan coil spring, selain aksesori luar-dalam yang lebih ‘galak’. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang