All-New Suzuki Ertiga GX Sementara Jadi Favorit Konsumen

Berita Otomotif

All-New Suzuki Ertiga GX Sementara Jadi Favorit Konsumen

DENPASAR – All-New Suzuki Ertiga varian tertinggi yaitu GX sementara ini menjadi kontributor penjualan terbanyak, unggul dari tipe lainnya dengan selisih cukup jauh.

All-New Ertiga menjalani debut globalnya di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, 19 April di Jakarta dengan harga on-the-road Jakarta Rp 193 – 238,5 juta. Head of Product Development & Marketing Research PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel mengklaim jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang terkumpul sejak peluncuran hingga 21 Juni sudah mencapai 6.772 unit.

“Total booking per 21 Juni adalah 6.772 unit. Sudah dikirim 5.393 unit (sejak pertengahan Mei) sampai Lebaran kemarin,” kata Harold di sela-sela Media Test Drive All-New Ertiga pada Kamis (28/6/2018) di Bali.

Menurut dia, sebanyak 70 persen di antaranya disumbangkan varian GX. Adapun varian GL  berkontribusi 25 persen di antaranya. Sisanya yakni sekitar 5 persen datang dari varian GA.

Riset internal Suzuki, papar Harold, menunjukkan tiga faktor utama yang menjadi pendorong pembelian All-New Ertiga. Faktor-faktor itu ialah eksterior berubah total, interior lebih segar, aspek kenyamanan yang meningkat.

“Sumbangsih terbesarnya karena platform baru HEARTECH yang membuat rigiditas naik 10 persen dan body roll sedikit lebih baik dari model lama,” tandas Harold.

Suzuki sendiri sudah memprediksi bahwa varian tertinggi All-New Ertiga di awal penjualan akan menjadi favorit. Ini diketahui dari rekam jejak penjualan generasi pertamanya.

“Seperti biasa, kalau awal-awal pasti varian GX,” ujar Direktur Pemasaran SIS Donny Sahputra pada waktu berbeda di Jakarta.

Sebagai informasi, platform HEARTECH membuat bobot All-New Ertiga pun berkurang 50 kg, meski dimensinya bertambah bongsor. All-New Ertiga juga dilengkapi berbagai fitur baru, khususnya pada varian GX.

Ertiga generasi kedua ini ditargetkan meningkat penjualannya hingga 60 persen dibanding generasi pertama, atau sekitar 5.000 unit per bulan. [Xan/Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar