All-New Suzuki Ertiga Mulai Diproduksi di Cikarang

Berita Otomotif

All-New Suzuki Ertiga Mulai Diproduksi di Cikarang

JAKARTA – All-New Suzuki Ertiga mulai diproduksi di pabrik Cikarang, Bekasi hanya sehari setelah debut globalnya di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Ertiga generasi kedua ini meluncur pada hari pertama IIMS 2018 yang berlangsung pada 19-29 April di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pemesanan resmi dibuka dengan harga yang belum diumumkan. Namun, sumber dalam Suzuki memberi petunjuk bahwa banderol on-the-road Jakartanya yang pasti tak lebih dari Rp 240 juta.

Suzuki kemudian melakukan seremoni produksi unit perdana All-New Ertiga pada Jumat (20/4/2018). Acara itu sekaligus menandai dimulainya perakitan massal.

“Berlangsungnya acara ini menandai permulaan produksi All New Ertiga di Pabrik cikarang. Kami berharap produk terbaru kami bisa diterima oleh masyarakat Indonesia,” jelas Vice President Director PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Kazuo Hakamata.

Ertiga sudah diproduksi di pabrik baru Suzuki bernilai investasi 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 13,3 triliun yang baru diresmikan Mei 2015 silam. Selain di sini, Ertiga hanya diproduksi di India.

Pabrik Cikarang sendiri merupakan fasilitas perakitan keempat Suzuki di Tanah Air setelah pabrik Cakung, Tambun I, plus Tambun II. Ertiga menjadi produk utama dari pabrik tersebut. Di samping merakit unit kendaraan, pabrik Cikarang juga memproduksi mesin, transmisi, dan komponen lainnya.

Lebih lanjut, Suzuki berencana mendistribusi All-New Ertiga ke pasar pada pertengahan Mei 2018. Sebelum itu, pabrikan asal Jepang ini mengumpulkan pemesanan sekaligus menguras stok Ertiga model lama. Dengan adanya model baru, Suzuki berharap penjualan Ertiga meningkat 60 persen, dari rata-rata 3.000 unit menjadi 4.800 per bulan.

All-New Ertiga hadir di tengah persaingan makin ganas di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) karena dua pemain baru yang sama-sama meluncur Agustus 2017, Mitsubishi Xpander maupun Wuling Confero, bisa menunjukkan tajinya. Confero berhasil meraih penjualan wholesales 5.050 di akhir tahun, sementara Xpander lebih banyak lagi hingga mampu membuat Toyota Avanza yang berkuasa belasan tahun turun dari takhtanya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual