All-New Hyundai Santa Fe Diperkirakan Meluncur di GIIAS 2018

Berita Otomotif

All-New Hyundai Santa Fe Diperkirakan Meluncur di GIIAS 2018

JAKARTA – All-New Hyundai Sante Fe berpotensi mengaspal di Indonesia dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Agustus mendatang.

Presiden Direktur PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) Mukiat Sutikno membeberkan bahwa pihaknya akan merilis dua model baru dalam pameran otomotif yang berlangsung pada 2 – 12 Agustus di Serpong, Tangerang itu. Satu model di antaranya yaitu H-1 facelift yang telah diperkenalkan terlebih pada Selasa (3/7/2018) di Jakarta.

“Satu lagi belum bisa kami beritahukan,” kata dia usai pengenalan H-1 facelift.

Hyundai sendiri sejak awal tahun sudah mengungkapkan rencana membawa All-New Santa Fe ke Tanah Air pada tahun ini. Walaupun Mukiat belum bersedia memberitahu apa model ‘pendamping’ H-1 facelift nanti, tentu saja sport utility vehicle (SUV) ini patut dijadikan kandidat kuat.

Apalagi, GIIAS kerap dimanfaatkan untuk memperkenalkan model-model strategis dan Santa Fe merupakan salah satu kendaraan penumpang yang menjadi tulang punggung penjualan Hyundai di Indonesia berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari-Mei. Dua model lain yang menjadi andalan mereka ialah H-1 plus Tucson.

Sebagai informasi, All-New Santa Fe menjalani debut global di Geneva Motor Show, Maret tahun ini dan mulai diproduksi pada kuartal kedua. Banyak hal menarik dari generasi termutakhir Santa Fe, seperti fitur-fitur keselamatan aktif pertama di dunia yaitu Rear Occupant Alert, Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist, dan Safety Exit Assist.

Di luar itu, masih ada fitur keselamatan lain semisal enam SRS Airbag, baja berkekuatan tinggi lebih banyak pada bodi, Lane Keeping Assist, Blind Spot Collision Warning. Kenyamanan penumpang bertambah antara lain berkat fitur Wireless Inductive Charging, sumbu roda diperpanjang menjadi 2.765 mm, visibilitas kabin lebih besar, ruang kaki baris kedua bertambah 38 mm, kursi baris kedua lebih tinggi 18 mm, pun ruang kepala baris ketiga lebih tinggi 22 mm.

Hyundai menyediakan banyak pilihan mesin untuk All-New Santa Fe. Untuk mesin bensin, ada 2.4 GDI, 2.0 T GDI, 2.4 MPI, 3.5 MPI. Sementara, untuk mesin diesel, ada R2.0 serta R2.2. Sistem penggerak dipasangkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan.

Spesifikasi Santa Fe untuk Indonesia
Meski masih tutup mulut mengenai waktu peluncuran, Mukiat memberitahu bahwa pihaknya sedang mempersiapkan Santa Fe. Di antaranya adalah mempertimbangkan spesifikasi yang sesuai bagi konsumen dan kondisi pasar negeri ini.

“Konsumen kita makin punya pengetahuan soal produk-produk di luar negeri sehingga mereka ekspektasinya secara spesifikasi juga lebih tinggi. Nah, ini yang kami harus detailkan lagi,” ujarnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar