Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Airbag External Bisa Lindungi Mobil Lebih Baik

Berita Otomotif

Airbag External Bisa Lindungi Mobil Lebih Baik

FRIEDRICHSHAFEN - ZF Group, sebuah perusahaan komponen kendaraan melihat bahwa eksternal airbag bisa mengurangi resiko fatalitas saat kecelakaan hingga 40 persen.

Statistik tersebut diharapkan bisa digunakan sebagai alasan untuk mulai memproduksi eksternal airbag di masa depan. Airbag ZF sendiri sudah didesapn agar bisa ditempatkan di berbagai sisi kendaraan dan bertugas sebagai tambahan perlindungan saat terjadi benturan. Airbag ini nantinya akan berfungsi sebagai bantal besar, menyerap sebagian dari benturan samping.

Sayangnya meski diyakini dapat meningkatkan persentase keselamatan, menerapkannya ke dunia nyata adalah tantangan tersendiri. Hal ini karena eksternal kendaraan diperlukan teknologi yang terbilang tinggi.

Kendaraan harus bisa mendeteksi kapan kecelakaan akan terjadi dan airbag harus menyala sepersekian detik sebelumnya. Beberapa kendaraan memang sudah memiliki fitur untuk memprediksi terjadinya kecelakaan, tapi eksternal airbag memiliki kesulitan yang jauh lebih tinggi. Ini karena tidak ada orang yang ingin airbag mengembang di waktu yang salah.

ZF pun melihat bahwa  airbag harus dipasangkan beragam teknologi canggih seperti radar, ultrasonic hingga kamera. Semua sensor tersebut harus dapat mengenali detail apa yang menghampiri mobil kemudian bereaksi sesuai kebutuhan.

Airbag eksternal yang dimiliki ZF saat ini memilki panjang 2 meter, tinggi 50 cm dan lebar 38 cm. Angka tersebut tentu akan berubah sesuai dengan dimensi kendaraan yang dipasangkan fitur keselamatan tersebut. Meski demikian, waktu inflasi airbag mencapai 15 mili detik, layaknya airbag pada umumnya.

Menciptakan mobil yang lebih aman merupakan keinginan bersama, namun teknologi ini mungkin masih jauh dari kenyataan. Perlu waktu yang tidak sedikit untuk bisa menjadikan teknologi ini bisa diterapkan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang