Hyundai Kembangkan Panoramic Sunroof Airbag

Berita Otomotif

Hyundai Kembangkan Panoramic Sunroof Airbag

SEOUL - Hyundai kembangkan panaramic sunroof guna tingkat keselamatan berkendara, lalu kapan teknologi ini akan mulai diaplikasikan pada produk-produk mereka?

Keselamatan berkendara memang terus dikembangkan oleh seluruh produsen mobil di seluruh dunia, termasuk Hyundai. Produsen mobil asal Korea Selatan ini pun menyadari bahwa airbag seharusnya hadir pada setiap sisi kabin untuk mengurangi resiko cedera pada penumpang karena kecelakaan dapat terjadi dari sisi manapun.

Kesadaran tersebut pun membuat Hyundai untuk mengembangkan panoramic sunroof airbag untuk melindungi penumpang mengalami cedera parah saat terjadi kecelakaan berat. Kecelakaan tersebut adalah kecelakaan yang membuat mobil terguling.

Hyundai mengatakan bahwa bila mobil terguling, maka kaca pada sunroof akan pecah dan menyebabkan cedera serius. Untuk itu para desainer mereka mendesain sedemikian rupa airbag sunroof agar dapat menghindari tersebut ketika mobil terdeteksi memiliki kemungkinan terguling. Airbag akan mengembang dari belakang dan mengembang ke depan dalam waktgu 0,08 detik.

Meski sunroof airbag merupakan teknologi keselamatan yang cukup baik, namun belum jelas kapan dapat diaplikasikan pada mobil. Namun, bila benar diaplikasikan, maka mobil-mobil di kelas atas kemungkinan besar yang akan menikmati lebih dulu.

Hyundai bersama Kia dan Genesis memiliki enam dari 15 kendaraan terbaru dengan rating keselamatan IIHS Top Safety Pick + berkat penggunaan airbag cukup banyak dan berhasil mengurangi jumlah cedera saat pengetesan. Mereka juga memiliki 11 hak paten atas teknologi keselamatan mereka. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual