Car Seat Anak Kini Sudah Dilengkapi Airbag

Berita Otomotif

Car Seat Anak Kini Sudah Dilengkapi Airbag

LONDON – Child car seat kini akhirnya dilengkapi oleh airbag guna mengurangi resiko terjadinya cedera pada anak-anak.

Selama ini, car seat untuk anak hanya dipasangkan pada jok mobil dan hanya hadir dengan seat belt. Kini, Maxi-Cosi, produsen car seat asal Inggris resmi menjual AxissFix Air car seat yang sudah dibekali dengan airbag.

Kursinya sendiri hanya cocok untuk anak dengan tinggi 61 – 105 cm dan telah dibekali dengan Isofix serta dapat diputar hingga 360 derajat untuk memudahkan pemasangan. Dua buah airbag kecil pun telah dipasangkan pada bagian bahu. Jika terjadi benturan, maka sensor yang berada di kursi akan langsung terpicu dan airbag mengembang dalam 0,05 detik.

Sejumlah tes pada car seat ini pun diklaim sudah dilakukan. Menariknya, jika dibandingkan dengan car seat biasa, maka resiko terjadinya cedera khususnya pada kepala dan leher saat terjadi benturan berkurang sebesar 55 persen.

“Beberapa tahun lalu, kami mulai mempelajari bagaimana airbag dapat melindungi kepala dan leher anak dengan lebih baik. Aplikasi yang sukses dalam teknologi airbag seperti jaket airbag untuk pengendara sepedamotor telah menginspirasi kami. Dan teknologi ini merupakan salah satu hasil yang kami rasa berhasil,” ungkap Andrew Ratcliffe, Managing Director of Maxi-Cosi.

Hingga kini, Maxi-Cosi masih belum berencana untuk memperbanyak airbag di car seat mereka. Meski demikian, mereka tidak menutup kemungkinan tersebut, apalagi bila melihat manfaatnya sangat besar.

Maxi-Cosi AxissFix Air ini dijual dengan harga £550 atau setara Rp 10,8 juta.

[Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual