Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mayoritas Masyarakat Belum Siap dengan Teknologi Mobil Otonom

Berita Otomotif

Mayoritas Masyarakat Belum Siap dengan Teknologi Mobil Otonom

DETROIT - Masyarakat Amerika Serikat ternyata masih takut menggunakan mobil otonom meski diperkirakan kendaraan tersebut akan menjadi kendaraan masa depan.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh American Automobile Association (AAA), 71 persen responden mengaku masih merasa takut untuk menggunakan kendaraan otonom sepenuhnya. Angka ini sedikit menurun bila dibandingkan dengan hasil studi di tahun 2018 dengan capaian 73 persen namun tetap lebih tinggi dibandingkan hasil studi di 2017 yang hanya 63 persen.

Survey dilakukan dengan menggunakan telepon antara 10 -13 Januari 2019 dan melibatkan sedikitnya 1.008 responden dewasa. Jumlah ini diklaim cukup untuk merepresentasikan populasi Amerika Serikat dengan margin of error mencapai empat persen.

AAA menilai bahwa masih besarnya angka ketidakpercayaannya masyarakat Amerika Serikat terhadap mobil otonom kemungkinan besar disebabkan oleh adanya insiden kecelakaan yang melibatkan kendaraan tersebut. Mereka meyakini bila ingin menjadikan mobil otonom sebagai kendaraan masa depan maka harus dilakukan beragam hal.

Salah satunya adalah dengan melakukan beragam kegiatan agar orang dapat lebih berinteraksi dengan mobil otonom. Maklum, selama ini mobil otonom hanya melakukan uji coba tanpa melakukan edukasi kepada masyarakat Amerika Serikat.

“Berinteraksi dengan teknologi kendaraan otonom dapat membantu menghilangkan beberapa misteri bagi konsumen dan membuka pintu penerimaan yang lebih besar,” ungkap Greg Brannon, Director of Automotive Engineering and Industry Relations AAA.

Lebih lanjut, AAA percaya bahwa interaksi dengan advanced driver assistance systems (ADAS) speerti lane keeping assistance, adaptive cruise control, automatic emergency braking and self-parking dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat Amerika Serikat secara signifikan. Survey menunjukkan bahwa pengemudi yang pernah menggunakan teknologi ADAS akan lebih percaya terhadap teknologi mobil otonom.

AAA juga menemukan bahwa masyarakat di sana menerima gagasan teknologi kendaraan otonom dalam aplikasi yang lebih terbatas. Contohnya adalah 53 persen dari responden lebih nyaman bila kecepatannya lebih rendah dan jarak yang ditempuh lebih pendek. Sementara 44 responden merasa lebih nyaman bila kendaraan tersebut hanya untuk pengiriman paket.

Kenyataan ini menunjukkan meski memang kendaraan otonom merupakan kendaraan masa depan, masyarakat khususnya Amerika masih belum siap untuk menerimanya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang