Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ada Mobil Listrik Diproduksi di Indonesia September 2022, Merek Apa?

Berita Otomotif

Ada Mobil Listrik Diproduksi di Indonesia September 2022, Merek Apa?

JAKARTA - Mobil listrik dari merek yang masih dirahasiakan rencananya diproduksi di Indonesia dalam hitungan bulan. Sejauh ini hanya ada satu petunjuk mengenai merek tersebut.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi, di sela-sela Jakarta Auto Week (JAW) 2022, membeberkan akhir kuartal ketiga tahun ini ada aktivitas perakitan mobil listrik di Indonesia.

“Nanti, mulai September 2022, ada produsen yang memproduksi mobil listrik,” kata dia ketika ditemui di sela-sela pameran yang berlangsung pada 12-20 Maret tersebut di Senayan. Jakarta.

Sayangnya, Nangoi tidak bersedia membongkar nama merek terkait. Sikap yang sama ia tunjukkan ketika dihubungi pada Kamis (17/3/2022).

“Tidak elok kalau saya kasih tahu siapa, apa,” pungkasnya kepada Mobil123.com via sambungan telepon.

Meski begitu, mantan Presiden Direktur PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) tersebut memberikan satu petunjuk mengenai merek tersebut.

“Mereka sudah berjualan, kok, saat ini di Indonesia,” sebut Nangoi.

Seperti diketahui, pemerintah sejak 2019 menginisiasi program percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

Berbagai insentif fiskal maupun non-fiskal disiapkan bagi konsumen maupun pabrikan yang mau berinvestasi untuk melakukan perakitan lokal.

Pemerintah berharap kebijakan tersebut dapat mendorong pertumbuhan pasar maupun industri mobil listrik di Tanah Air mulai dari yang berteknologi mild hybrid, hybrid, plug-in hybrid (PHEV), mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV), bahkan sampai mobil hidrogen (fuel cel electric vehicle/FCEV).

Berbagai pabrikan otomotif global menyambut hal tersebut, bahkan sudah berkomitmen meluncurkan dan melakukan perakitan mobil listrik.

Toyota diketahui segera meluncurkan dan memproduksi Kijang Innova hybrid tahun ini. Hyundai memproduksi mobil listrik murni Ioniq 5 dalam waktu dekat.

Wuling pun telah mengumumkan rencana memproduksi mobil listrik murni berbasis platform Global Small Electric Vehicle (GSEV) pada akhir 2022.

Lebih lanjut, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika menghadiri seremoni ekspor Honda BR-V pada Rabu (16/3/2022) membenarkan rencana produksi mobil listrik sebuah merek pada September 2022.

“Saya sudah mendapat laporan dari Gaikindo dan saya sudah bertemu presiden direktur mereka yang sudah melaporkan pula bahwa mereka siap produksi mobil listrik mulai akhir 2022. Sampai saya mengunjungi fasilitasnya, sampai saya yakin, saya tidak akan menyampaikan kepada publik,” pungkas dia menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang