Tiga Merek Sudah Bikin Mobil Listrik di Indonesia, Siapa Menyusul?

Berita Otomotif

Tiga Merek Sudah Bikin Mobil Listrik di Indonesia, Siapa Menyusul?

JAKARTA – Merek otomotif yang membuat mobil listrik di Indonesia sudah bertambah menjadi tiga, menurut pemerintah. Toyota adalah yang terkini.

Toyota, pada Senin (21/11/2022) di Karawang, Jawa Barat melakukan seremoni produksi perdana Kijang Innova Zenix. Generasi ketujuh dari Kijang itu memiliki opsi mesin hybrid.

Kijang Innova Zenix menjadi mobil hybrid, bahkan mobil listrik pertama yang dirakit Toyota di Indonesia. Seperti diketahui, teknologi elektrifikasi sendiri terdiri dari berbagai macam teknologi seperti hybrid, plug-in hybrid (PHEV), maupun mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV).

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi langkah Toyota untuk mulai memperdalam industri mobil listrik di Tanah Air. Apalagi, ini merupakan awal dari realisasi investasi dengan total nilai 2 miliar dollar AS atau menurut hitungan dia sekitar Rp28,3 triliun dalam lima tahun.

produksi Toyota Kijang Innova Zenix di Indonesia

"Dengan (produksi) Kijang Innova Zenix ini, berarti sudah ada tiga pabrik di Indonesia yang memproduksi mobil listrik di sektor otomotif,” ucap Airlangga merespons pertanyaan Mobil123.com dalam sesi doorstop di Karawang.

Berdasarkan catatan redaksi, tiga pabrik yang disinggung Airlangga dioperasikan oleh merek otomotif dari tiga negara berbeda. Ada dari Korea Selatan, China, dan Jepang.

Korea Selatan menjadi yang pertama merakit lokal mobil listrik di Bumi Pertiwi, melalui Hyundai. Pabrik mereka di Cikarang, Bekasi mulai memproduksi Hyundai Ioniq 5 pada Maret 2022.

Crossover nihil emisi gas buang itu lalu mengaspal pada 31 Maretnya dengan harga awal Rp700-800 juta-an.

mobil listrik Hyundai Ioniq 5

Namun, sejak akhir 2020, mereka sudah terlebih dahulu meluncurkan dua mobil listrik impor yakni Hyundai Ioniq plus Hyundai Kona EV.

Pabrikan China Wuling menyusul pada awal Agustus tahun ini. Mereka menggelar konferensi pers produksi perdana Wuling Air EV, mobil listrik murah Rp200-300 juta yang juga mengaspal secara resmi pada bulan yang sama.

Dalam wawancara pada November kemarin, Brand and Marketing Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Dian Asmahani mengklaim Air EV sudah menjadi pemimpin di pasar mobil listrik dengan pangsa pasar 85 persen.

mobil listrik Wuling Air EV

Perakit mobil listrik ketiga tentu saja adalah Toyota, yang mengawalinya dengan Kijang Innova Zenix. Harga tipe-tipe bermesin hybrid-nya dimulai dari Rp458 juta sampai dengan Rp614 juta.

Setelah Hyundai, Wuling, serta Toyota, siapa lagi yang menyusul, ya, kira-kira? [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar