Ada Fitur Ini, Mitsubishi Yakin Pajak Emisi Xpander & Xpander Cross Terbaru Minim

Berita Otomotif

Ada Fitur Ini, Mitsubishi Yakin Pajak Emisi Xpander & Xpander Cross Terbaru Minim

TANGERANG – Ternyata, Mitsubishi menaruh sebuah fitur baru pada mesin Xpander facelift dan Xpander Cross facelift demi mendapatkan pajak emisi yang minim.

Seperti diketahui, mulai 16 Oktober 2021 pemerintah memberlakukan tarif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) terbaru bagi kendaraan yang antara lain didasarkan atas emisi gas karbon dioksida. Regulasi ini juga disebut sebagai pajak emisi karbon.

Namun, untuk model-model yang memenuhi syarat mendapatkan insentif PPnBM mobil baru di tengah pandemi Covid-19 pada 2021, penerapan tarif baru tersebut ditangguhkan hingga tahun depan.

Xpander serta Xpander Cross facelift, yang meluncur pada 8 November 2021 dengan harga OTR Jakarta masih di bawah Rp300 juta, merupakan dua model yang terdapat di dalam daftar penerima insentif.

General Manager Product Strategy Division PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Guntur Harling mengatakan, duo Xpander facelift akan mengikuti uji emisi untuk menentukan besaran pajak emisi, seperti juga semua model roda empat lainnya.

Xpander maupun Xpander Cross facelift disebut sedang menunggu antrean yang panjang dari Kementerian Perhubungan untuk melakukan uji emisi. Guntur sendiri yakin dua model teranyar mereka bisa mendapatkan hasil tes serta pajak emisi yang optimal.

Pasalnya, kedua andalan utama Mitsubishi di pasar otomotif Indonesia ini punya ‘senjata’ baru pada sektor mesin.

Mitsubishi Xpander facelift

“Walaupun kami menggunakan dasar mesin 1.5-liter yang sama, ada sistem (baru) yang digunakan yaitu EGR (Exhaust Gas Recirculation) sehingga memberikan efisiensi maksimal dan tingkat emisi baik,” papar Guntur dalam konferensi pers di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 pada 11-21 November kemarin di Serpong, Tangerang.

Sekadar menambahkan, selain memberikan EGR pada mesin Xpander maupun Xpander facelift, Mitsubishi juga mengganti girboks otomatis konvensional empat percepatan dengan transmisi CVT (Continuously Variable Timing). Tujuannya sama yakni meningkatkan efisiensi bahan bakar minyak (BBM) sekaligus mereduksi emisi gas buang karbon dioksida.

Transmisi CVT juga berdampak pada peningkatan pengalaman berkendara melalui akselerasi yang halus dan seakan tanpa jeda.

Mitsubishi Xpander Cross facelift

Xpander serta Xpander Cross facelift pun mendapatkan ubahan pada tampilan eksterior dan interior.

Ada pula penambahan fitur-fitur semisal Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold (BAH), Auto Stop and Go, Speed Sensing Auto Door Lock, Digital AC, dan Head Unit berukuran lebih besar (7/8 inci pada Xpander facelift dan 9 inci pada Xpander Cross facelift). [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar