Honda Kembangkan Airbag untuk Minimalisir Trauma pada Otak

Berita Otomotif

Honda Kembangkan Airbag untuk Minimalisir Trauma pada Otak

CALIFORNIA – Honda berhasil menyematkan fitur keselamatan baru yaitu First Passenger Front Airbag yang bisa melindungi penumpang dari cedera fatal terutama bagian leher dan kepala.

Secara umum, airbag ini memiliki kemampuan untuk mengurangi cedera otak yang disebabkan oleh benturan dari arah depan samping. Untuk sementara, fitur ini baru akan dihadirkan pada all-new Acura TLX 2021 yang akan diluncurkan beberapa waktu ke depan,

Ini bukan pertama kali Acura mendapatkan teknologi keselamatan terbaru Honda. Sebelumnya di tahun 1991, mereka telah menciptakan Vertical Deploying Passenger Airbag berdesain unik sehingga mengurangi potensi cedera karena airbag yang mengembang. Teknologi tersebut pun diadopsi oleh industri otomotif selama beberapa tahun.

Melanjutkan pencapaian tersebut, di tahun 2021, Honda R&D America bersama dengan supplier fitur keselamatan, Autoliv, berhasil menciptakan teknologi airbag terbaru yang ditawarkan ke produsen otomotif lain guna meningkatkan performa keselamatan dari produk-produk mereka.

“Acura TLX terbaru merupakan salah satu rancangan tim kami di Ohio, guna mewujudkan inovasi dan menciptakan masyarakat yang lebih aman dan bebas dari kecelakaan,” ujar Jim Keller, President Honda R&D America.

Teknologi terbaru dari Front Passenger Airbag pada mobil Acura TLX didesain untuk menghadapi benturan dari arah depan samping. Benturan ini berpotensi membuat kepala pengendara terputar pada kecepatan tinggi dan menyebabkan cedera serius.

Teknologi tersebut dibangun berdasarkan penelitian mengenai cedera otak yang dipelajari oleh ]Badan Transportasi Amerika. Penelitian tersebut menghasilkan metodologi Brain Injury Criteria (BrIC) untuk mengukur tingkat cedera otak dalam sebuah kecelakaan.

Dibandingkan penggunaan Single Inflatable Chamber (satu kantong airbag) yang biasanya terdapat pada airbag konvensional, desain airbag terbaru dari Acura beroperasi seperti sarung tangan penangkap bola baseball.

Pertama, satu kantong yang tidak mengembang akan menangkap kepala pengendara dari sisi depan sehingga mengurangi tekanan ke kepala saat terjadi benturan. Disaat bersamaan, dua kantong lain di sisi kiri dan kanan akan ikut mengembang dan melindungi kepala pengendara dari benturan fatal sekaligus mencegah kepala terpuntir yang dapat menyebabkan cedera serius.

Pada dasarnya, desain terbaru Passenger Front Airbag bekerja dengan empat komponen utama: tiga buah kantong yang berada di tepat di bagian depan, di depan sebelah kana, dan di depan sebelah kiri. Tujuannya adalah untuk mengamankan kepala dari berbagai sisi, serta sebuah panel yang menyambungkan sisi kanan dan kiri dari ketiga kantong udara tersebut. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar