Honda Kembangkan Airbag Baru yang Bisa Tangkap Kepala

Berita Otomotif

Honda Kembangkan Airbag Baru yang Bisa Tangkap Kepala

OHIO - Honda mengumumkan bahwa saat ini mereka sedang mengembangkan teknologi baru untuk airbag penumpang.

Teknologi ini diklaim dapat melindungi penumpang lebih baik saat terjadi tabrakan frontal dari beberapa sudut baik kecelakaan dengan kendaraan maupun benda lain. Pengembangan dan pengujian akan dilakukan oleh Honda R&D Americas dan Autoliv. Rencananya airbag baru akan dijadwalkan dihadirkan pada produk Honda baru tahun depan.

“Teknologi airbag ini merepresentasikan usaha Honda untuk meningkatkan keselamatan berkendara dengan skenario kecelakaan yang lebih luas dan menunjukkan pemikiran inovatif para insinyur kami untuk mengurangi tingkat fatalitas. Kami sadar bahwa terobosan ini akan berdampak luas pada kehidupan masyarakat di tahun-tahun mendatang,” Jim Keller, Presiden Honda R&D Americas.

Tidak seperti airbag saat ini yang mengandalkan satu kompartemen saja, airbag terbaru akan menggunakan empat komponen utama yaitu tiga kompartemen (satu tengah dan dua samping) dan panel untuk ‘menyambut’ kepala. Dengan demikian kepala dapat ‘ditangkap’ dan mengurangi risiko kepala terpental.

Honda sendiri saat ini merupakan salah satu produsen kendaraan yang harus melakukan recall besar-besaran akibat adanya kerusakan pada inflator airbag. Di Indonesia sendiri, Honda Prospect Motor selaku APM Honda di Tanah Air juga telah melakukan recall ribuan kendaraannya.

Sayangnya, hingga kini pekerjaan tersebut masih belum selesai karena tidak semua pelanggan yang melakuka perbaikan. Padahal, perbaikan yang dilakukan hanya memerlukan waktu beberapa jam dan tanpa biaya.

[Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support