Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

AAA Temukan Android Auto dan Apple CarPlay Lebih Aman untuk Pengemudi

Berita Otomotif

AAA Temukan Android Auto dan Apple CarPlay Lebih Aman untuk Pengemudi

FLORIDA - AAA Foundation for Traffic Safety merilis hasil studi mereka yang mengatakan bahwa Android Auto dan Apple CarPlay lebih aman untuk pengemudi dibandingkan sistem hiburan buatan produsen kendaraan.

Temuan ini didapatkan setelah mereka melakukan sejumlah aktivitas menggunakan Android Auto dan Apple CarPlay kemudian membandingkannya dengan sistem infotainment standard. Hasilnya, Android Auto dan Apple CarPlay dapat membuat panggilan telepon 24 persen (5 detik) lebih cepat daripada sistem infotainment asli dan pengguna dapat memprogram sistem navigasi 31 persen (15 detik) lebih cepat.

Meski terdengar tidak terlalu signifikan, namun AAA menganggap bahwa waktu tersebut sangat penting dan dapat mengurangi resiko kecelakaan berkendara. Mereka berpendapat bahwa pengemudi yang mengalihkan pandangan mereka dari jalan selama lebih dari dua detik menggandakan risiko kecelakaan.

Bahkan berdasarkan catatan mereka, sedikitnya ada 390.000 orang terluka dan 3.500 orang meninggal setiap tahunnya di Amerika Serikat karena pengemudi teralihkan konsentrasinya.

Guna memperkuat penelitian, AAA juga bekerjasama dengan University of Utah to untuk mengevaluasi lima kendaraan seperti Honda Ridgeline, Ford Mustang, Chevrolet Silverado, Kia Optima and Ram 1500.

Fitur hiburan di lima kendaraan tersebut dicoba dan dibandingkan dengan Android Auto di LG K7 dan Google Pixel 2 sementara Apple CarPlay dicoba dengan iPhone 7. Hasilnya, fitur hiburan standard terbukti kurang bersahabat dibanding Android Auto dan Apple CarPlay.

Meski demikian, AAA tetap mengingatkan bahwa Android Auto dan Apple CarPlay tetap dapat mendistraksi pengemudi serta meningkatkan resiko kecelakaan. Pengemudi tetap sebaiknya tidak melakukan kegiatan lain selain mengemudi untuk agar terhindar dari kecelakaan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang