Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

7 Tahun Lagi Harga Mobil Listrik Murah Karena Alasan Berikut

Berita Otomotif

7 Tahun Lagi Harga Mobil Listrik Murah Karena Alasan Berikut

NEW YORK - Mobil listrik diprediksi bakal memiliki harga lebih murah dibanding dengan versi konvesional bermesin bensin dan diesel karena alasan berikut ini.

Saat ini harga mobil dengan penggerak motor listrik memang masih lebih mahal jika dibandingkan dibandingkan dengan versi bermesin diesel dan bensin. Namun, dalam beberapa tahun ke depan, sekitar tahun 2025 diperkirakan akan terjadi kondisi sebaliknya.

Beberapa studi mengatakan bahwa di tahun tersebut harga mobil listrik akan lebih murah dibandingkan mobil konvensional. Hal ini dikarenakan harga logam yang digunakan sebagai baterai di tahun tersebut akan terus mengalami penurunan.

Kondisi tersebut membuat Bloomberg yakin bahwa pada tahun 2024 harga mobil listrik akan sama dengan mobil konvensional. Dan di tahun berikutnya,harga mobil listrik akan lebih murah dan transisi besar terjadi, orang sudah tidak lagi berfikir untuk menggunakan mobil konvensional baik bermesin bensin maupun diesel..

Penurunan harga tersebut dikarenakan harga baterai mobil akan semakin murah karena sudah diproduksi massal. Ini membuat harganya turun sekitar $ 70 (Rp 963.000) per kilowatt hour pada tahun 2030. Sementara tahun lalu, harga baterai masih dijual dengan harga $ 200 atau setara Rp 3,8 juta per kWh sehingga harga mobil listrik menjadi sangat mahal.

ā€œPenjualan mobil listrik akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang dan sejalan dengan hal ini harga baterai akan terus menurun,ā€ ungkap Colin McKerracher, Bloomberg New Energy Finance analyst.

Pemerintah pun memiliki peran sangat penting di sini. Mereka harus memberikan insentif khusus untuk mobil listrik agar dapat memperbaiki kondisi udara di kota mereka. Berdasarkan data dari World Wildlife Fund, dengan mengentikan produksi kendaraan diesel dan bensin justru dapat menambah sekitar 14.000 pekerjaan baru di industry otomotif. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang