Luar Biasa, Toyota Cetak Hampir 3 Ribu Paten Pengembangan Teknologi pada 2020

Berita Otomotif

Luar Biasa, Toyota Cetak Hampir 3 Ribu Paten Pengembangan Teknologi pada 2020

PLANO - Toyota menjadi perusahaan otomotif paling produktif dalam mengembangkan teknologi terkini, bayangkan bisa hasilkan hampir 3 ribu paten di 2020. Strategi dominasi masa depan?.

Intellectual Property Owners Association atau asosisasi pencatatan HAKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) baru-baru ini melaporkan bahwa Toyota menjadi perusahaan yang paling unggul dalam hal paten di industri otomotif. Mereka disebut sangat produktif dalam mengembangkan teknologi dan memberi laporan untuk mendapat paten.

Secara resmi Toyota di Amerika Serikat pada 2020 dianugerahi 2.819 paten oleh United States Patent and Trademark Office, rata-rata 7 paten per hari. Ilmuan serta engineer Toyota berhasil meningkatkan produktifitas 4 persen dibanding 2019. Dan jika Toyota ingin mempertahankan prestasi ini di 2021, mereka rata-rata harus mendapatkan 8 paten per hari.

Contoh paten yang cukup menarik dibuat tahun lalu adalah berkaitan dengan mobil otonom dan sampai hal yang cukup detail. Seperti contohnya teknologi car wash judgement system, ini sungguh ide briliant tergolong liar di mana nantinya mobil otonom akan otomatis menuju tempat pencucian saat dirinya merasa kotor. 

Pengembangan Teknologi masa depan Toyota

 Mobil123 beberapa waktu juga telah memberitakan bahwa Toyota sudah mengembangkan gerakan drifting otomatis pada Toyota Supra. Dan ini dibuat bukan untuk atraksi melainkan agar bisa bermanuver cepat dan terukur demi menghindar dari kecelakaan.

 

Total sejak 2003, Toyota sendiri sudah meraih 1.400 paten yang berkaitan dengan kendaraan otonom. Dan perusahan otomotif terbesar asal Jepang ini mengaku tidak membatasi para engineernya pada satu metode penelitian. Mereka bebas untuk mengembangkan teknologi apa saja, tentu yang dapat memberikan kemudahan dan belum pernah terpikirkan sebelumnya.

“Kami senang telah memperluas paten kami di berbagai bidang teknologi canggih selama setahun terakhir dan terutama bangga atas pencapaian luar biasa dari anggota tim kami,” kata Fredrick Mau, IP Counsel and Director for Patent Licensing Toyota Motor North America.

Mau juga menambahkan bahwa inovasi di seluruh Toyota mendorong transisi mereka ke mobility company. Dan portofolio paten terkemuka Toyota adalah salah satu ukuran penting dari kemajuan tersebut bersama dengan investasi dalam penelitian, kolaborasi juga kemitraan.

Dengan ribuan paten yang berhasil diciptakan Toyota, tentu akan menjadi senjata utama mereka di masa depan. Beragam keuntungan akan diraih, teknologi-teknologi baru tersebut bukan hanya dibutuhkan pabrikan pembuat mobil lainnya karena juga akan dibutuhkan industry pendukung. [Ari] 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar