Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

7 Langkah Mendaftar di Situs MyPertamina agar Bisa Beli Pertalite

Berita Otomotif

7 Langkah Mendaftar di Situs MyPertamina agar Bisa Beli Pertalite

 
Pertamina Patra Niaga, seperti dijelaskan dalam keterangan resmi, mulai 1 Juli 2022 membuka pendaftaran calon pembeli BBM Subsidi melalui situs MyPertamina. Jika tidak mendaftar, masyarakat tidak akan bisa membeli Pertalite atau pun Solar.
 
Pada tahap pertama, metode tersebut akan diterapkan di 11 daerah.
 
 
Setelah terverifikasi dan terkonfirmasi, masyarakat akan mendapatkan QR code untuk digunakan membeli Pertalite atau Solar di setiap SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) Pertamina. Cara ini, menurut Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution, demi penyaluran Pertalite serta Solar yang tepat sasaran.
 
“Data pengguna yang terdaftar dan telah mendapatkan QR Code ini adalah bagian dari pencatatan penyaluran Pertalite dan Solar agar bisa lebih tepat sasaran. Bisa dilihat trennya, siapa penggunanya. Kami pun tidak mewajibkan memakai aplikasinya, hanya perlu daftar melalui situs yang dibuka pada 1 Juli nanti,” kata Alfian.

Cara Mendaftar di Situs MyPertamina

Alfian menjelaskan kalau pendaftaran nantinya dilakukan dengan mengakses situs subsiditepat.mypertamina.id.
 
Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, mereka yang telah memiliki aplikasi MyPertamina juga bisa menekan pilihan ‘Daftar dan Transaksi’ dengan logo bertuliskan ‘Subsidi Tepat’. Setelah itu, mereka akan diarahkan ke situs yang sama.
 
Calon pembeli Pertalite maupun Solar perlu memasukkan data-data seperti KTP, STNK, foto kendaraan, alamat surel, dan lain-lain melalui situs. Setelah seluruh syarat dipenuhi, tinggal menekan tombol ‘Daftar Sekarang’.
Kekurangan atau ketidakcocokan dokumen bakal diinformasikan melalui notifikasi via surel. Jika ini terjadi, masyarakat dapat mencoba lagi dengan mengikuti rekomendasi dari sistem.
 
“Data yang sudah didaftarkan akan diverifikasi atau dicocokkan dengan kesesuaian persyaratan. Jika semua terpenuhi maksimal 7 hari kerja, maka pengguna tersebut akan dinyatakan terdaftar dan menerima QR Code melalui email, atau melalui notifikasi di situs,” jelas Alfian.
 
Jika dirangkum, ada tujuh langkah pendaftaran di situs MyPertamina sebelum bisa membeli Pertalite atau Solar. Berikut poin-poinnya:
 
1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya
2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id
3. Centang informasi memahami persyaratan
4. Klik daftar sekarang
5. Ikuti instruksi dalam website tersebut
6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala
7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina
 
“Masyarakat tidak perlu khawatir, tahapannya sangat mudah, yang penting memastikan sudah daftar dan memastikan datanya sudah terkonfirmasi. Jika sudah menerima QR Code, maka transaksi akan berjalan seperti biasa,” tutup Alfian. [Xan/Ses]


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang