Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kewajiban Daftar untuk Beli Pertalite Cuma buat Mobil, Motor Bebas

Berita Otomotif

Kewajiban Daftar untuk Beli Pertalite Cuma buat Mobil, Motor Bebas

JAKARTA – Pertamina menekankan keharusan mendaftar untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar hanya berlaku bagi mobil, bukan sepeda motor.

Corporate Secretary PT. Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan hal tersebut melalui keterangan resmi baru-baru ini. Adapun pendaftaran untuk pemilik mobil yang ingin membeli dua jenis BBM Subdisi tersebut bisa dilakukan per 1 Juli 2022 melalui situs subsiditepat.mypertamina.id.

Menurut dia, kewajiban mendaftar terlebih dahulu buat para konsumen Pertalite maupun Solar dibuat agar penyaluran keduanya bisa lebih tepat sasaran.

“Tujuan pendataan ini tidak lain adalah untuk melindungi masyarakat rentan, memastikan subsidi energi yang tepat sasaran sehingga anggaran yang sudah dialokasikan Pemerintah benar-benar dinikmati yang berhak,” ucap Irto.

“Ke depan, kami harap data ini bisa digunakan untuk menetapkan kebijakan energi bersama pemerintah serta dapat mencegah potensi terjadinya potensi penyalahgunaan atau kasus penyelewengan BBM subsidi di lapangan,” sambungnya.

Pemerintah, lanjut dia, telah menganggarkan subsidi energi sampai dengan Rp520 triliun pada tahun ini.

Ketentuan-ketentuan terkait pengguna yang berhak, kuota BBM, dan lain-lain sudah terdapat dalam Peraturan Presiden No. 191/2014 serta Surat Keputusan (SK) Kepala BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020.

Sayangnya, menurut Irto, pelaksanaannya sejauh ini belum tepat sasaran.

Ini membuat Pertamina Patra Niaga berpikir untuk mencocokkan data berbasis sistem atau digital memanfaatkan situs atau pun aplikasi MyPertamina.

“Sebanyak 60 persen masyarakat mampu atau yang masuk dalam golongan terkaya ini mengonsumsi hampir 80 persen dari total konsumsi BBM bersubsidi. Sedangkan, 40 persen masyarakat rentan dan miskin hanya mengonsumsi 20 persen dari total subsidi energi tersebut. Jadi, diperlukan suatu mekanisme baru, bagaimana subsidi energi ini benar-benar diterima dan dinikmati yang berhak,” ujar dia.

Pendaftaran dibuka selama satu bulan, sampai penutupan Juli 2022. Selama periode ini, terang Irto, masyarakat masih dapat membeli Pertalite maupun Solar secara bebas.

“Namun, kami tetap mendorong masyarakat agar mendaftarkan kendaraan dan identitasnya. Kami juga tegaskan kembali, tidak wajib memiliki aplikasi MyPertamina, namun wajib mendaftar di situs subsiditepat.mypertamina.id, dan ini khusus untuk kendaraan roda empat,” pungkasnya.

Sebelum mendaftar, masyarakat perlu menyiapkan data diri maupun kendaraan seperti KTP dan STNK. Setelah memasukkan data-data yang diperlukan, proses selanjutnya adalah pencocokan dan verifikasi selama maksimal tujuh hari.

Setelah itu, pendaftar akan mendapatkan QR code yang dibutuhkan setiap transaksi pembelian Pertalite atau Solar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang