Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Beli Pertalite di 11 Daerah Ini Harus Daftar Dulu Mulai 1 Juli 2022

Berita Otomotif

Beli Pertalite di 11 Daerah Ini Harus Daftar Dulu Mulai 1 Juli 2022

JAKARTA – Kewajiban mendaftar sebelum membeli bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar berlaku di 11 wilayah terlebih dahulu, mulai 1 Juli 2022.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution menjelaskan penyaluran BBM bersubsidi diatur dari sisi kuota, jumlah, atau pun segmentasi penggunanya. Akan tetapi, profil para pengguna Pertalite serta Solar masih terlampau luas.

“Sebagai badan usaha yang menjual Pertalite dan Solar, kami harus patuh, tepat sasaran, dan tepat kuota dalam menyalurkan BBM yang disubsidi pemerintah,” ucap dia, seperti dikutip dari keterangan resmi Pertamina Patra Niaga baru-baru ini.

Pertamina Patra Niaga menilai masih ada sebagian konsumen BBM bersubsidi yang sebenarnya tidak berhak menggunakannya. Jika ini terus terjadi, dikhawatirkan kuota yang sudah diputuskan untuk kurun satu tahun tidak akan cukup.

Oleh karena itu, Pertamina Patra Niaga bersiap mengujicobakan sebuah cara: hanya masyarakat yang sudah terdaftar yang boleh membeli Pertalite atau Solar.

Pendaftarannya sendiri bisa dilakukan via aplikasi MyPertamina atau langsung ke website (situs) https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang menurut Alfian, dibuka mulai 1 Juli 2022.

“Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini, untuk kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar. Sistem MyPertamina ini akan membantu kami dalam mencocokan data pengguna,” lanjutnya.

Masyarakat yang telah mendaftarkan identitas maupun kendaraannya akan menerima notifikasi via alamat surel.

Para konsumen yang teridentifikasi sebagai pihak yang berhak membeli Pertalite serta Solar bakal mendapatkan QR code khusus untuk diperlihatkan di setiap transaksi di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum).

“Jika seluruh data sudah cocok maka konsumen dapat melakukan transaksi di SPBU dan seluruh transaksinya akan tercatat secara digital. Inilah yang kami harapkan, Pertamina dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan Solar sehingga ke depannya, bisa menjadi acuan dalam membuat program ataupun kebijakan terkait subsidi energi bersama pemerintah sekaligus melindungi masyarakat yang saat ini berhak menikmati bahan bakar bersubsidi,” tukas Alfian.

Daftar 11 Daerah yang Mesti Daftar Dulu untuk Beli Pertalite

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com di situs MyPertamina, ada 11 daerah yang mengharuskan pendaftaran sebelum beli Pertalite serta Solar mulai 1 Juli 2022.

Berikut rinciannya:

1. Kota Bukit Tinggi

2. Kab. Agam

3. Kota Padang Panjang

4. Kab. Tanah Datar

5. Kota Banjarmasin

6. Kota Bandung

7. Kota Tasikmalaya

8. Kab. Ciamis

9. Kota Manado

10. Kota Yogyakarta

11. Kota Sukabumi

Daerah-daerah ini terletak di lima provinsi. Ada Provinsi Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, DI Yogyakarta. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang