Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

2024, Mazda Ingin Jual 6.000 Mobil ke Kalangan Kelas Menengah Atas Indonesia

Berita Otomotif

2024, Mazda Ingin Jual 6.000 Mobil ke Kalangan Kelas Menengah Atas Indonesia

JAKARTA – Mazda, merek yang mengincar kalangan menengah ke atas, percaya mampu menaikkan penjualan mereka di Indonesia hingga menjadi 6.000 unit pada 2024.

Tahun ini, Mazda berambisi menjual 5.000 unit di Tanah Air. Adapun target mereka pada 2024, menurut Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio, mencapai kisaran 6.000 unit.

Artinya, ada target kenaikan sekitar 20 persen dari tahun ini ke tahun depan. Angka tersebut diambil dengan mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk efek dari ‘tahun politik’ Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Mazda Indonesia

“Soal (efek) ‘tahun politik’ dan segala macam memang tidak bisa kita pungkiri, iya, betul. Tapi, kami tetap optimistis dan juga berhati-hati,” lontar Ricky dalam End Year Gathering pada Rabu (29/11/2023) di Senayan, Jakarta.

Tiga model, lanjut Ricky, masih menjadi andalan. Model-model yang ia maksud ialah Mazda CX-3, Mazda CX-5, ditambah Mazda3 hatchback.

“Tiga besar (model terlaris) masih sama. Tapi, komposisi dari masing-masing model mungkin akan bergeser sedikit karena, kan, nanti ada peluncuran SUV (sport utility vehicle) nanti di pertengahan tahun depan. Ada BEV (battery electric vehicle/mobil listrik murni) juga. Mungkin ada pergeseran sedikit sekian persen,” papar dia.

Diberitakan sebelumnya, Mazda ingin merilis enam model baru di pasar otomotif Tanah Air tahun depan. Tiga di antaranya mereka hadirkan pada paruh pertama dan tiga sisanya muncul pada semester kedua.

Petunjuk modelnya ialah roadster, compact SUV, medium SUV, mobil berteknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), medium SUV berteknologi BEV, sampai dengan large premium SUV berteknologi mild hybrid.

Mazda Indonesia

Satu model yang sudah terungkap identitasnya ialah mobil listrik murni Mazda MX-30. Sisanya masih ditutup-rapat oleh jenama asal Jepang ini.

Mazda sendiri pada tahun ini masih memiliki ‘utang’ 845 unit untuk mencapai target transaksi jual-beli yang mereka canangkan.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan retail Mazda sejak Januari-Oktober 2023 4.155 unit, naik 42,6 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Secara rata-rata, Mazda menjual sekitar 415 unit setiap bulan, selama 10 bulan pertama 2023.

Ricky percaya diri bahwa pihaknya masih mampu memenuhi target 5.000 unit ketika tutup tahun nanti. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang