10 Unit Volvo Dikorbankan dalam Uji Tabrak Paling Ekstrim Demi Alasan Mulia

Berita Otomotif

10 Unit Volvo Dikorbankan dalam Uji Tabrak Paling Ekstrim Demi Alasan Mulia

GOTHENBURG - Volvo korbankan 10 unit mobil dari beberapa model dalam uji tabrak paling ekstrim untuk kepentingan pelatihan petugas penyelamat kecelakaan terutama dalam hal evakuasi dan penanganan korban.

Sebelum berbicara lebih jauh, berikut adalah penjelasan uji tabrak ekstrim. Jika uji tabrak pada umumnya sepreti yang sudah secara reguler di lakukan Volvo adalah menabrakan mobil ke konkrit dalam kecepatan tertentu. Sementara uji tabrak ekstrim yang dimaksud ini adalah menjatuhkan kendaraan dalam ketinggian tertentu.

Untuk melakukan uji tabrak ekstrim, mobil terlebih dahulu diangkat ke atas dengan crane dalam posisi bonnet langsung ke permukaan. Pada uji kali ini, mobil Volvo dijatuh dari ketinggian 30 meter.

Kemudian dalam mobil rusak parah, petugas penyelamat memanfaatkannya untuk ajang penelitian. Dalam kesempatan ini tentunya fokus untuk melakukan penyelamatan para seluruh pengemudi dan penumpang yang menjadi tanggung jawab petugas.

10 Unit Volvo Dikorbankan dalam Uji Tabrak Paling Ekstrim Demi Alasan Mulia
Dalam skenario ini, semua penumpang yang terjebak di dalam mobil dalam keadaan kritis. Alat utama penyelamat hidrolik yang dikenal sebagai ‘the jaws of life’. 

Prioritas penyelamatan ini adalah segera mengeluarkan penumpang untuk mendapatkan pemeriksaan medis dan kemudian bisa dibawa secepat mungkin ke Rumah Sakit. Penyelamatan penumpang ini harus dilakukan sesegera mungkin, petugas menjaga  "the golden hour" di mana terluka harus di bawa ke Rumah Sakit dalam waktu 1 jam setelah kejadian.

“Biasanya kami hanya menabrak mobil di laboratorium, tapi ini pertama kalinya kami menjatuhkannya dari derek. Akan terlihat deformasi ekstrim setelah tes dan kami melakukan ini untuk memberikan tim penyelamat tantangan nyata dalam bekerja,” kata Hakan Gustafson, senior investigator with the Volvo Cars Traffic Accident Research Team Volvo.

10 unit dikorbankan Volvo untuk melakukan test ekstrim ini. Semua temuan pada uji coba termasuk langkah-langkah penyelamatan akan dikumpulkan dan disusun dalam satu laporan. Volvo juga memastikan bahwa modul hasil pengujian ini bisa didapat secara gratis terlebih bisa dipelajari oleh para penyelamatan di seluruh dunia.[Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar