Volvo Lebih Ramah dengan Pengendara Sepeda

Berita Otomotif

Volvo Lebih Ramah dengan Pengendara Sepeda

GOTHENBURG - Selama ini keselamatan pengendara sepeda masih belum terjamin ketika melintas di jalan raya. Pasalnya keberadaan mereka sering kali tidak diketahui pengendara mobil. Melihat kondisi ini, Volvo pun mengembangkan teknologi pendeteksi pengendara sepeda.

Untuk mengembangkan teknologi tersebut, Volvo menggandeng peralatan olahraga Swedia POC dan Ericsson. Teknologi ini dijuluki Cyclist Detection System dimana mampu mendeteksi pesepeda yang melintas di samping dan depan kendaraan dan mengaktifkan rem secara otomatis.

Dilansir leftlanenews, Senin (22/12/2014), teknologi ini didukung dengan komponen yang terdiri dari radar yang terpasang di grille depan, dan kamera yang terpasang di spion tengah yang dibantu dengan komputer sebagai pengendali sistem.

Sistem ini bekerja mirip dengan teknologi Pedestrian Detection. Sistem akan secara otomatis melakukan pengereman penuh ketika radar dan kamera menangkap ada pengendara sepeda yang secara tiba-tiba melintasi di dalam jalur kendaraan. Teknologi ini bisa membaca situasi samping, sudut depan dan belakang kendaraan.

Untuk tahap awal teknologi baru ini akan debut di Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas yang menggunakan helm prototipe dan smartphone untuk mengetahui posisi antara pengendara sepeda yang menggunakan data GPS.

Pengendara sepeda yang terdeteksi lokasinya akan dikirim melalui head up display di dalam mobil. Teknologi ini terus dikembangkan Volvo dan akan tersemat pada model V40, S60, V60, XC60, V70, XC70 dan S80.

"Kemitraan antara Volvo, POC dan Ericsson mengeksplorasi sistem keamanan berbasis cloud. Kita menghilangkan blind spot antara mobil dan pesepeda untuk menghindari tabrakan," kata Klas Bendrik, Volvo Cars CIO. [Ikh/Idr]

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com

Tag Terkait


M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support