Yaris Cross Belum Masuk Radar Toyota Indonesia

Mobil Baru

Yaris Cross Belum Masuk Radar Toyota Indonesia

JAKARTA – Toyota Astra Motor (TAM) menegaskan belum berencana meluncurkan Yaris Cross untuk pasar Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Toyota mengenalkan SUV baru berplatform Yaris. Mobil tersebut diberi nama Toyota Yaris Cross dan saat ini baru dijual di Eropa. Meski menggunakan platform serupa, tampilan Yaris Cross terlihat lebih menarik.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM pun mengakui bahwa saat ini tren mobil di seluruh dunia mengarah pada SUV. Namun bukan berarti Indonesia harus langsung membawa mobil yang dipasarkan di luar negeri untuk dijual di Tanah Air.

“Toyota itu memiliki banyak produk dan tidak semua line up dikenalkan ke negara lain. Misalnya Yaris hatchback di Jepang pada Tokyo Motor Show lalu. Banyak yang menanyakan apakah Yaris di Indonesia akan diganti dengan model tersebut, ternyata kan tidak. Mobil yang diluncurkan di sebuah negara, belum tentu akan dikenalkan juga di negara lain,” terangnya.

Ia pun menambahkan bahwa saat ini pasar Indonesia masih lebih menyukai produk SUV yang sudah ada saat ini. Meski pasar SUV 5-seater mulai berkembang bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Kebutuhan di Indonesia bervariasi dan Saya rasa produk-produk SUV seperti Toyota Fortuner atau Toyota Rush tetap menjadi SUV dengan permintaan tinggi. Kami selalu pelajari dan market ini memang berkembang,” tambahnya kemudian.

Toyota Yaris Cross menggunakan platform TNGA-B yang dikembangkan untuk dimanfaatkan oleh mobil-mobil compact plus crossover. Toyota mengatakan bahwa platform ini lebih mampu memberi pengalaman berkendara yang lebih baik namun biaya produksi lebih rendah.

Dimensi Yaris Cross lebih tinggi 90 mm (1.560 mm) ketimbang Yaris hatchback, juga lebih lebar 20 mm (1.765 mm) dan lebih panjang 240 mm (4.180 mm). Ground clearance-nya pun lebih tinggi 30 mm dibandingkan Toyota Yaris hatchback. Untuk mesin, Toyota menyediakan dua pilihan yakni mesin bensin berkapasitas 1.5 liter dan hybrid.

Untuk pilihan mesin bensin, Toyota hanya menyediakan sistem penggerak roda depan. Sementara untuk pilihan hybrid, terdapat pilihan penggerak roda depan dan penggerak empat roda. Dengan demikian, pelanggan dapat menyesuaikan kebutuhan mereka.

Hingga saat ini, Yaris Cross belum resmi diluncurkan karena Toyota baru akan menjualnya pada tahun 2021. Belum ada pula informasi apakah Toyota Yaris Cross akan diluncurkan di pasar lain selain Eropa atau tidak. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support