Toyota Yaris Cross Bukan Hoaks, Siap Tantang Juke, HR-V dan CX-3

Berita Otomotif

Toyota Yaris Cross Bukan Hoaks, Siap Tantang Juke, HR-V dan CX-3

BELGIA – Toyota Yaris versi crossover bukan sekadar isu, apalagi hoaks. Yaris Cross, nama model tersebut, benar-benar hadir untuk menantang deretan sport utility vehicle (SUV) compact yang telah lebih dulu hadir macam Nissan Juke, Honda HR-V atau Mazda CX-3.

Yaris Cross diperkenalkan oleh Toyota Eropa baru-baru ini melalui situs resmi maupun berbagai kanal media sosial. Konon, model tersebut sebenarnya dijadwalkan meluncur dalam Geneva Motor Show yang akhirnya batal gara-gara pandemi virus Corona (Covid-19).

 Penjualannya sendiri, menurut keterangan dari Toyota, baru akan dimulai pada 2021. Yaris Cross didesain serta dikembangkan untuk pasar Eropa dan belum ada keterangan bahwa Yaris versi SUV tersebut akan hadir di benua lain.

Tentu saja, produksinya juga dilakukan di ‘Benua Biru’, tepatnya di Prancis. Adapun kapasitas produksi yang disiapkan untuknya mencapai lebih dari 150 ribu unit setahun.

Dimensi Yaris Cross lebih tinggi 90 mm (1.560 mm) ketimbang Yaris hatchback, juga lebih lebar 20 mm (1.765 mm) dan lebih panjang 240 mm (4.180 mm). Ground clearance-nya pun lebih tinggi 30 mm.

Yaris Cross punya desain unik dan pelek sampai dengan 18 inci, serta dibangun di atas platform TNGA-B. Sejauh ini, baru dua model termasuk Yaris Cross yang menggunakan platform tersebut.

TNGA sendiri dikembangkan Toyota untuk menjadi platform massal yang lebih efisien secara biaya produksi namun juga memberikan kesenangan berkendara lebih. TNGA-B adalah tipe platform untuk mobil-mobil compact plus crossover.

Untuk mesin, Toyota menyediakan dua pilihan yakni mesin bensin maupun hybrid. Kapasitas mesin bensinnya 1.5-liter.Opsi sistem penggerak kedua adalah hybrid.

Yaris Cross merupakan model Toyota kedua di Eropa yang menggunakan mesin hybrid 1.5-liter 3-silinder Atkinson-cyle generasi terbaru, selain Yaris hatchback. Toyota mengembangkannya langsung dari mesin-mesin 2.0-liter maupun 2.5-liter yang digunakan oleh C-HR, Corolla, RAV4, maupun Camry.

Jika melihat mesin serta dimensi mobil, Yaris Cross bisa disejajarkan dengan HR-V, Juke. Ada pula potensi mengancam Kona dan CX-3 yang menyandang mesin 2.0-liter.

Padanan transmisi Yaris Cross sendiri antara manual enam percepatan atau CVT. Tersedia pula opsi penggerak roda depan atau penggerak empat roda AWD-i.

Tentu saja, keterangan spesifik soal fitur belum dibeberkan. Sedikit hal yang sudah dibuka adalah keberadaan Toyota Safety Sense sebagai salah satu kelengkapan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar