Xpander Facelift Pakai Transmisi CVT & Shock Absorber Belakang Pajero Sport

Berita Otomotif

Xpander Facelift Pakai Transmisi CVT & Shock Absorber Belakang Pajero Sport

JAKARTA – Pengembangan terbesar dari sisi teknis pada Mitsubishi Xpander facelift terdapat di bagian transmisi dan kaki-kaki. Khususnya kaki-kaki belakang yang diklaim menggunakan komponen Pajero Sport.

Xpander facelift debut global secara virtual di Indonesia pada Senin (9/11/2021), bersamaan dengan Xpander Cross facelift. Namun, harga keduanya baru diumumkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 pada 11-21 November di Serpong, Tangerang.

Dari keduanya, ubahan terbanyak dialami oleh Xpander facelift.

Dari sisi teknis saja, ada penambahan ground clearance dari 205 mm menjadi 220 mm, pemakaian transmisi otomatis CVT menggantikan girboks otomatis konvensional empat percepatan, perbaikan visibilitas pengemudi, suspensi depan-belakang lebih rigid serta disetel ulang, maupun penggantian shock absorber belakang dan penggunaan valve (katup) baru.

Director of Product Strategy PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Hikaru Mii menjelaskan, ubahan-ubahan pada Xpander dan Xpander Cross facelift adalah hasil masukan konsumen. Termasuk beragam perbaikan teknis pada Xpander facelift.

Mitsubishi Xpander facelift 2022

Transmisi CVT ia gadang-gadang akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman sekaligus makin efisien bahan bakar minyak (BBM). Sementara itu, penyempurnaan kaki-kaki khususnya pada bagian belakang bakal menjadikan Xpander facelift lebih stabil dan lebih meredam guncangan.

“Pengembangan suspensi utamanya ada pada peningkatan ukuran diameter shock absorber dan katup performa tinggi pada bagian belakang. Shock absorber belakangnya sama dengan yang ada pada Pajero Sport. Katup performa tinggi yang dipakai umumnya juga digunakan model-model merek premium Eropa,” klaim Mii dalam konferensi pers peluncuran via Zoom.

Mitsubishi Pajero Sport

Sekadar mengingatkan, Xpander facelift antara lain mendapatkan desain gril maupun bemper depan baru, desain lampu depan serta belakang ‘T-Shape’ baru, pelek 17 inci berdesain baru, plus desain dasbor baru.

Ada pula fitur-fitur anyar Head Unit 7 inci atau 8 inci, Electric Parking Brake with Brake Auto Hold, Auto Start/Stop, Auto Door Lock by Speed.

Semua fitur terkini yang disebutkan di atas juga ada pada Xpander Cross facelift. Kendati begitu, ubahan teknis hanya terdapat pada penggantian transmisi otomatis konvensional menjadi CVT.

Diferensiasi tampilan luar-dalam Xpander Cross facelift pun amat sangat minim. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar