Xpander AP4 Berencana Ikut Kejuaraan Balap Perdana Akhir 2020

Berita Otomotif

Xpander AP4 Berencana Ikut Kejuaraan Balap Perdana Akhir 2020

JAKARTA – Mitsubishi Xpander AP4, yang merupakan Xpander tercepat di dunia, berencana ikut kejuaraan balap perdananya dalam waktu dekat jika situasi pandemi virus Corona (Covid-19) sudah lebih baik.

Setelah menjalani berbagai uji coba dan latihan, mobil bertenaga 350 hp dan torsi 555 Nm ini berniat menjajal kompetisi sesungguhnya pada 2020. Adapun waktunya adalah pada akhir tahun nanti.

“Jika situasi sudah lebih kondusif, Xpander AP4 akan siap berpartisipasi di kejuaraan lokal sprint rally pada akhir 2020 mendatang,” tulis Mitsubishi dalam keterangan resmi yang diterima Mobil123.com beberapa waktu lalu.

Sekadar mengingatkan, mobil tersebut adalah Xpander yang dimodifikasi khusus untuk keperluan reli melalui kerja sama RFT Motorsport dengan PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai agen pemegang merek. Versi konsepnya pertama kali dipamerkan dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) pada April 2019.

Adapun peluncurannya terjadi dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Juli 2019. Xpander AP4 menjadi multi purpose vehicle (MPV) pertama di dunia yang dijadikan sebuah mobil reli.

Seperti namanya, kendaraan tersebut awalnya ingin diikutsertakan pada balap reli kelas AP4 di Selandia Baru pada 16 – 17 Agustus tahun lalu. Namun, keinginan ini batal karena isu pada proses homologasi yang menjadi salah satu syarat agar bisa ikut kompetisi.

Debutnya kemudian ingin dilakukan pada kejuaraan nasional sprint rally di Jambi, akhir Maret 2020. Akan tetapi, kompetisi itu, juga agenda reli nasional lain, dibatalkan gara-gara pandemi virus Corona yang diketahui menghantam Indonesia sejak bulan tersebut.

Xpander AP4 akhirnya banyak tampil di YouTube serta menjalani uji coba resmi perdananya di Sirkuit Tembong Raya, Serang, Banten pada Juli kemarin. Setelah itu, dilakukan lagi uji coba resmi kedua pada 25 Juli di Meikarta, Bekasi dengan medan gravel plus aspal.

 “Dari kedua uji coba yang dilakukan dengan Xpander AP4 didapatkan data otentik mengenai semua performance di mobil tersebut, mulai dari mesin, transmisi, suspensi, sasis hingga konsumsi air pendingin untuk turbo. Xpander AP4 menunjukkan performa dan hasil yang baik dan tidak ditemukan masalah yang berarti. Dari hasil tersebut, diperoleh data-data yang berguna dalam pengembangan dan penyesuaian Xpander AP4 selanjutnya,” jelas Mitsubishi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar