Mitsubishi Xpander MPV Pertama di Dunia yang Ikut Reli

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander MPV Pertama di Dunia yang Ikut Reli

TANGERANG - Mitsubishi meresmikan Xpander Rally Team (XRT) di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Adanya tim ini membuat Xpander diklaim menorehkan sebuah sejarah.

XRT diperkenalkan pada hari keempat GIIAS 2019 pada Minggu (21/7/2019) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. GIIAS sendiri berlangsung sejak 18 Juli hingga 28 Juli.

Tim ini beranggotakan Rifat Sungkar sebagai pembalap, M. Redwan sebagai Co-Driver, dan Julian Johar selaku manager. Mereka akan menggunakan Xpander AP yang sebelumnya sudah diperkenalkan sebagai mobil konsep dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, April kemarin di Jakarta.

“Ini menjadikan Xpander sebagai MPV pertama di dunia yang ikut kompetisi reli,” aku Rifat dalam konferensi pers.

Lelaki yang juga menjadi duta mobil penumpang Mitsubishi di Indonesia ini menjelaskan ide awal berasal dari RFT Motorsport Racing Team, tim balap miliknya. Sejak dua tahun lalu, ia sudah memikirkan bagaimana mengangkat nama industri otomotif Indonesia khususnya melalui Xpander dan caranya baru terpikir setelah ia ke Selandia Baru dan mengetahui kelas balapan baru bernama AP4.

“AP4 itu sebuah formula, kelas baru untuk Asia Pasifik. Makanya namanya AP4,” tandas Rifat.

Dia membawa ide ini kepada PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku agen pemegang merek. Mereka pun menyetujui.

“Mitsubishi Indonesia semangat mendukung XRT dalam ajang AP4 Rally. Ini merupakan kesempatan memberikan referensi kepada pengguna Xpander mengenai modifikasi terkini yang dapat dilakukan kepada Xpander, tentunya sesuai peraturan dan ketentuan berlaku baik dari sisi pabrikan maupun regulasi pemerintah,” kata Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI.

80 Persen Sama
Sejak awal, Rifat merasa yakin Xpander punya potensi di dunia balap. Ini karena tim riset dan pengembangan Xpander di Jepang mengatakan kepadanya beberapa tahun lalu bahwa banyak aspek pada mobil ini terinspirasi dari rancang bangun Lancer Evo X, termasuk pada bagian sasis.

“Saya punya pandangan berbeda karena melihat Xpander memiliki keseimbangan sasis sangat baik sehingga mobil ini memenuhi kriteria regulasi dan dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan reli AP4,” paparnya.

Peraturan AP4 sendiri mengharuskan 80 persen dari mobil tidak berubah. Karena itu, ubahan pada Xpander AP4 relatif minim, di antaranya ialah suspensi serta drive train.

XRT bersama Xpander AP4 bakal ikut serta dalam 1 kejuaraan internasional plus 5 kejuaraan domestik. Pertama adalah NZRC Goldrush Rally of Coromandel pada 16 - 17 Agustus di Selandia Baru, disusul 5 Kejuaraan Nasional di Tanah Air sejak September hingga Desember tahun ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support