Wuling Sentil Lagi Merek Jepang Lewat Fitur Voice Command pada Almaz

Berita Otomotif

Wuling Sentil Lagi Merek Jepang Lewat Fitur Voice Command pada Almaz

TANGERANG - Wuling kembali memberikan produk terbarunya fitur yang lebih unggul dibandingkan para kompetitor sekelas, termasuk dari merek-merek asal Jepang.

Setiap kendaraan penumpang yang Wuling luncurkan sejauh ini selalu punya harga yang ‘merusak’ pasar namun dengan fitur-fitur lebih lengkap. Ini dapat terlihat antara lain lewat fitur Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) pada Confero, fitur TPMS dan Sunroof pada Cortez, maupun layar sentuh 10,4 inchi pada Almaz berkapasitas lima penumpang.

Langkah sama diulangi kembali oleh merek mobil asal China ini ketika merilis varian-varian terbaru Almaz, yang mencakup tipe berkapasitas tujuh penumpang, dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada 18 - 28 Juli di Serpong, Tangerang. Fitur itu adalah voice command canggih berbahasa Indonesia dengan nama Wuling Indonesia Command (Wind).

“Saya dapat katakan fitur ini adalah yang pertama di Indonesia dan belum pernah ada sebelumnya,” aku Dian Asmahani, Senior Brand Manager PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia dalam acara preview Almaz tujuh penumpang, sepekan sebelum GIIAS 2019.

Sebagai informasi, Almaz kini punya dua varian yang di dalamnya terdiri dari empat tipe. Ada Smart Enjoy 7-Seater MT (Rp 263,8 juta on-the-road Jakarta), Smart Enjoy 7-Seater CVT (Rp 275,8 juta), Exclusive 5-Seater CVT (Rp 328,8 juta), Exclusive 7-Seater CT (Rp 338,8 juta).

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, harga Almaz yang aslinya ada di kelas medium sport utility vehicle (SUV) berisikan antara lain Honda CR-V turbo dan Hyundai Santa Fe sekarang malah menyenggol segmen low SUV yang beranggotakan model-model seperti Honda BR-V maupun Toyota Rush. Lihat, banderol on-the-road Jakarta BR-V menurut situs resmi mereka berkisar di Rp 238 juta - 279, 5 juta. Rush, di sisi lain, punya label harga Rp 244,25 juta - 265,65 juta.

Dengan harga amat beririsan, fitur-fitur Almaz jauh lebih lengkap. Satu yang paling unggul tentu adalah voice command canggih berbahasa Indonesia.

Di luar itu, varian Smart Enjoy masih ada fitur semisal layar 10,4 inchi, Mirroring via Wuling Link, Electric Parking Brake, Rear Parking Camera, 4-Poin Rear Parking Sensor, Automatic Vehicle Hold Hill Hold Control, Electronic Stability Control+Traction Control, Immobilizer, Bluetooth Steering Switch, USB Power Outlet di tiap baris, Dual SRS Airbag, ABS+EBD, BA, Emergency Stop Signal.

Pada varian Exclusive, daftarnya lebih mentereng lagi. Terdapat tambahan seperti Keyless System, Tyre Pressure Monitoring System, Electrically Adjustable Driver Seat, Auto AC, 360 Degree Camera, 9 pengeras suara dari Infinity. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar