Wuling Ikut Tutup Pabrik Dua Pekan Karena Pandemi Corona

Berita Otomotif

Wuling Ikut Tutup Pabrik Dua Pekan Karena Pandemi Corona

JAKARTA – Wuling menjadi pabrikan otomotif selanjutnya yang menutup pabrik mereka di Indonesia, sebagai efek dari pandemi virus Corona.

Brian Gomgom Simbolon selaku Media Relations PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia, ketika dihubungi Mobil123.com mengatakan pabrik mereka di Cikarang, Bekasi yang berkapasitas produksi 120 ribu unit pertahun sudah tutup sejak Senin (6/4/2020) kemarin. Pabrik akan tutup selama dua pekan, hingga 19 April 2019 mendatang.

Gomgom, sapaan akrabnya, menyanggah ketika ditanyakan apakah ini terkait dengan penurunan penjualan di pasar otomotif Indonesia gara-gara pandemi virus Corona. Begitupun ketika ditanyakan apakah ada kaitannya dengan tersendatnya rantai suplai global akibat pandemi ini.

“(Penutupan sementara pabrik) sebagai upaya kami untuk pencegahan dan mengurangi penyebaran virus Corona. Termasuk melakukan physical distancing dan tetap tinggal di rumah sesuai arahan pemerintah. Selain itu, kesehatan karyawan merupakan prioritas kami saat ini,” ucap dia melalui pesan singkat pada Selasa (7/4/2020) sore.

Untuk karyawan di departemen lainnya seperti bagian penjualan, purnajual, dan pemasaran tetap bekerja seperti biasa dengan sistem work shift from home atau bekerja di rumah secara bergantian. Ini, sebut dia, dilakukan demi tetap memberikan layanan terbaik bagi konsumen dalam periode ini.

Sebelum Wuling, sudah ada cukup banyak pabrikan otomotif lain yang menutup sementara pabrik atau mengurangi kapasitas produksi gara-gara virus bernama resmi Covid-19 ini. Misalnya Honda yang menutup pabrik dua pekan hingga 24 April, Suzuki yang menutup pabrik dalam jangka waktu sama, atau Daihatsu yang menetapkan kerja dua hari sekali.

Lebih lanjut, Gomgom mengatakan penutupan pabrik Cikarang secara temporer tidak mempengaruhi upah mereka. Perusahaan tetap membayarkannya secara penuh.

“Pemberhentian aktivitas pabrik sementara tidak berpengaruh pada gaji karyawan,” tegasnya.

Wuling, lanjut Gomgom, juga mengimbau karyawan tetap tinggal di rumah dan menerapkan physical distancing serta mengikuti arahan perusahaan maupun pemerintah di masa masa sekarang. Kemudian, karyawan pun diharapkan dapat selalu menjaga kesehatan masing-masing, menghindari keramaian dan melakukan pengecekan suhu tubuh setiap hari.

Virus Corona diketahui masuk Indonesia sejak pemerintah mengumumkannya pada 2 Maret 2020. Dari tanggal itu hingga 7 April ini, virus yang telah mewabah di sekitar 200 negara sejak akhir 2019 ini telah terkonfirmasi menginfeksi 2.738 orang di Tanah Air (221 meninggal dunia, 204 sembuh). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar