Wuling Cortez 1.8-L dan 1.5-L Tak Diproduksi Lagi dan Setop Dijual

Berita Otomotif

Wuling Cortez 1.8-L dan 1.5-L Tak Diproduksi Lagi dan Setop Dijual

JAKARTA – Wuling Cortez 1.8-liter dan 1.5-liter tidak lagi dijual karena Wuling ingin fokus dengan satu pilihan mesin yaitu 1.5-liter turbo.

Cortez, kendaraan di segmen medium multi purpose vehicle (Medium MPV), pertama kali mengaspal pada Februari 2018 dengan menyandang mesin bensin 1.8-liter. Kemudian, pada April tahun yang sama, meluncurlah tipe mesin bensin 1.5-liter.

Opsi mesin bensin 1.5-liter turbo lalu hadir mulai April 2019, dengan nama Cortez CT. ‘Serangan’ dilanjutkan dengan penambahan varian Cortez CT yang termurah yaitu Type S seharga on-the-road Jakarta Rp 209 – 233 juta pada 15 Juli 2020.

Namun, berdasarkan penelusuran Mobil123.com di situs resmi Wuling di Tanah Air, yang ditawarkan kepada konsumen sekarang hanya Cortez CT. Hal tersebut diakui oleh Danang Wiratmoko selaku Product Planning PT. SAIC General Motor Wuling (SGMW) Indonesia.

Danang menjelaskan bahwa pihaknya kini fokus memproduksi serta menjual Cortez CT yang bermesin 1.5-liter turbo. Kebijakan ini sudah mereka rencanakan sejak awal.

“Sejauh yang saya ingat, kami memang sudah ada semacam timeline-nya. Kebetulan, kan, kami mengembangkan mesin 1.5-liter turbo untuk multiplatform. Mesin itu, kan, dipakai untuk Almaz juga,” papar dia menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam On-Site Review Cortez CT Type pada Selasa (21/7/2020) kemarin.

Konsumen sendiri perlahan bergeser ke Cortez bermesin turbo, sejak kehadirannya pada awal kuartal kedua tahun lalu. Alasannya, menurut Danang, adalah mesin ini menawarkan lebih banyak keunggulan.

“Melihat kondisi pasarnya juga, ternyata masyarakat cenderung suka mesin 1.5-liter turbo karena keuntungannya juga lebih banyak. Sudah turbo, tenaga lebih bagus, pajak lebih rendah. Jadi menurut kami itu pilihan lebih bagus, lebih tepat,” tukasnya.

Berhenti Akhir 2019
Cortez 1.8-liter maupun 1.5-liter, terang Danang, sudah tak lagi diproduksi sejak akhir 2019. Adapun waktunya hampir bersamaan.

“Makanya, di media-media promosi kami seperti situs maupun flyer (brosur), sudah tak ditampilkan lagi,” pungkas Danang.

Memasuki 2020, ‘tugas’ Wuling adalah menghabiskan stok dari Cortez 1.8-liter plus 1.5-liter. Danang menyatakan bahwa kemungkinan stok keduanya di dealer-dealer masih ada, tapi tinggal sedikit sekali.

“Di dealer mungkin masih ada sedikit. Saya juga kurang tahu,” tutup dia.

Wuling sendiri kini menjual empat model di Indonesia. Selain Cortez, ada MPV Confero, MPV Formo, plus SUV Almaz. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar