Wuling Amati Kemungkinan Jual Mobil Lebih Murah dari Confero

Berita Otomotif

Wuling Amati Kemungkinan Jual Mobil Lebih Murah dari Confero

JAKARTA - Wuling tak membantah maupun mengiyakan adanya peluang menjual mobil yang lebih murah lagi dari multi purpose vehicle (MPV) Confero di Indonesia pada masa mendatang.

Saat ini, Confero yang berada di segmen low MPV (LMPV) menjadi mobil penumpang termurah dari Wuling dengan kisaran harga on-the-road Jakarta mulai Rp 146,8 - 191,8 juta. Sebenarnya di bawah itu masih ada MPV Formo, tapi merek asal China tersebut ketika peluncuran model tersebut akhir tahun lalu mengatakan fokusnya lebih sebagai kendaraan komersial.

Ketika Mobil123.com menanyakan peluang kemunculan model kendaraan penumpang berharga lebih terjangkau dari Confero, Dian Asmahani, Brand Manager PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia, mengatakan akan ‘melihat perkembangan ke depan’. Wuling sendiri, menurutnya, mempunyai lini produk amat banyak di negara asalnya yang bisa dibawa ke sini.

“Kami punya lini produk lengkap di HQ (headquarter/kantor pusat). Tapi, yang jelas, produk apa yang mau kami keluarkan lagi nantinya juga harus melihat kondisi pasar yang ada di Indonesia. Potensinya seperti apa,” ucap Dian menanggapi pertanyaan tersebut dalam media gathering beberapa waktu lalu di Jakarta.

Segmen kendaraan penumpang termurah di Indonesia saat ini adalah low cost green car (LCGC). LCGC menjadi salah satu segmen terbesar di Nusantara.

Wuling masuk ke Indonesia dengan mendirikan pabrik di Cikarang, Bekasi dengan total kapasitas produksi 120 ribu unit per tahun yang selesai pada 2017. Model pertama mereka adalah Confero yang meluncur pada 2 Agustus 2017.

Kemudian, tak sampai dua tahun, mereka bergerak cepat dengan merilis MPV Cortez dan Formo plus sport utility vehicle (SUV) Almaz. Varian-varian dari Confero dan Cortez pun diperbanyak dalam waktu yang relatif singkat tersebut.

Wuling hadir dengan strategi ‘merusak harga pasar’ yaitu memasang banderol jauh lebih murah dari kompetitor sekelas tapi memberikan fitur serta spesifikasi jauh lebih mentereng. Taktik serupa juga terlihat di pabrikan China lain, Dongfeng Sokon (DFSK), yang masuk ke Tanah Air dalam kurun waktu berdekatan.

“Tahun ini dan tahun depan memang fokus utama kami masih di segmen LMPV (Confero) dan medium MPV (Cortez). Belum ke arah sana (mobil yang lebih murah lagi), sih,” aku Dian. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar