Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Wuling Bertekad Tetap Jadi Pemimpin Pasar Mobil Listrik Indonesia Tahun Ini

Berita Otomotif

Wuling Bertekad Tetap Jadi Pemimpin Pasar Mobil Listrik Indonesia Tahun Ini

JAKARTA – Wuling berambisi untuk mempertahankan status pabrikan mobil listrik paling laku di Indonesia pada 2023.

Merek asal China tersebut saat ini memiliki satu mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) yakni Wuling Air EV rakitan pabrik Cikarang, Bekasi.

Kendaraan mungil yang meluncur sejak Agustus 2022 tersebut juga menjadi mobil listrik murni termurah di Tanah Air dengan harga Rp200-300 juta.

“Sampai Desember 2022, kami sudah mengirimkan ke diler (wholesales) 8.000-an unit,” ucap Brand and Marketing Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Dian Asmahani menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, 16-26 Februari di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Wuling Air EV

Dengan capaian tersebut, Air EV diklaim sebagai kendaraan terlaris di antara mobil listrik murni lainnya. Menurut Dian, penguasaan pasarnya pada 2022 mencapai 78 persen.

“Tahun ini kami harapkan tetap menjadi market leader (pemimpin pasar) untuk BEV, sama seperti tahun lalu,” tegasnya.

Dian, sayangnya, tidak mengungkapkan target penjualan Air EV tahun ini.

Ia juga tidak membeberkan apakah status pemimpin di pasar mobil listrik pada 2023 ingin dicapai dengan Air EV saja atau ada rencana meluncurkan model yang lain.

Wuling Air EV

Namun, berdasarkan penelusuran di data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pengiriman Air EV ke diler pada Januari 2023 ternyata hanya 35 unit.

Dian mengatakan kalau ini disebabkan oleh banyaknya libur internal pada awal tahun.

“Januari, Februari kami ada libur tahun baru dan imlek. Jadi, memang kami sudah rencanakan (pengiriman) tidak akan terlalu banyak selama dua bulan itu. Kita lihat bulan depan seperti apa,” pungkasnya.

Air EV dipasarkan dalam dua tipe. Ada Standard Range yang berjarak tempuh maksimal 200 km, juga Long Range dengan jarak tempuh terjauh 300 km.

Pembeli Air EV Standard Range sudah mendapatkan fitur Wuling Remote Control via Internet of Vehicle (IoV), perintah suara berbahasa Indonesia (Wuling Indonesian Command/WIND), 2 Airbag, sistem pengereman ABS+EBD, ISOFIX, Sound Module for Pedestrian Warning, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), Rear Parking Sensor and Camera, Immobilizer, Anti Theft Alarm, rear wheel drive (RWD).

Pada Air EV Long Range, daftar fitur tentunya lebih lengkap. Ada Drive Modes (Eco, Normal, Sport), Electric Parking Brake (EPB), Auto Brake Hold (ABH), Hill Hold Control (HHC), plus Head Unit 10 Inci. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang