Wuling Hong Guang V Diluncurkan, Harganya Cuma Rp 89 – 97 Juta

Mobil Baru

Wuling Hong Guang V Diluncurkan, Harganya Cuma Rp 89 – 97 Juta

BEIJING – Wuling punya mobil murah baru di China yang harganya tak sampai Rp 100 juta.

Nama mobil murah yang baru saja meluncur tersebut adalah Wuling Hong Guang V. Kendaraan itu, seperti dilaporkan Carscoops, mengusung mesin 1.2-liter.

Hong Guang sendiri adalah penamaan untuk ‘keluarga’ multi purpose vehicle (MPV) dari merek asal China ini. Sebanyak 4,5 juta unit Hong Guang terjual setiap tahunnya di ‘Negeri Tirai Bambu’.

Banderol ‘si anak baru’ Hong Guang V luar biasa menggoda. Bagaimana tidak? Tipe terendah dipasarkan seharga hanya 42.900 yuan di China, atau sekitar Rp 89,13 juta (1 yuan = Rp 2.077). Adapun opsi termewahnya pun cuma 46.900 yuan atau Rp 97,44 juta.

Tersedia dua varian yaitu versi MPV maupun blind van. Keduanya sama-sama bersenjatakan mesin bensin naturally aspirated 1.2-liter yang dijodohkan dengan transmisi manual lima percepatan. Gelontoran daya terbesarnya adalah 75 hp, dengan torsi 110 Nm.

Merek yang dimiliki oleh joint venture (perusahaan patungan) antara SAIC Motor dengan General Motors ini menerangkan bahwa Hong Guang V sudah menjalani tes sejauh 40 ribu km sebelum diproduksi massal dan diluncurkan. Pengujian dilakukan di kondisi jalan yang ‘komprehensif’, dalam suhu dingin atau pun panas ekstrem.

“Dengan stabilitas, tenaga, maupun konsumsi bahan bakar minyak mengesankan, kendaraan ini memenuhi standar emisi 6B di China,” klaim sang pabrikan.

Suspensi belakang Hong Guang V dimodali dengan per daun non-independen. Meski harganya luar biasa murah, sudah terdapat sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) maupun Power Steering.

Sumbu roda terbentang sepanjang 2.850 mm. Wuling mengklaim bahwa adik dari Hong Guang S1 (bernama Confero untuk pasar Indonesia) tersebut mampu memberikan ruang kargo berkapasitas hingga 4.300 liter yang bisa diakses dari sisi samping karena adanya pintu geser selebar 700 mm.

Wuling menjelaskan lantai belakangnya lebih rendah 20 persen dari pada kompetitor. Dengan begitu, proses memasukkan maupun mengeluarkan barang berukuran besar menjadi lebih mudah.

Belum ada kabar apakah MPV satu ini direncanakan untuk hadir pula di Indonesia. Wuling, yang mulai berjualan di Nusantara sejak 2017, sudah memasarkan tiga MPV yakni Confero, Cortez, plus Formo. Satu model lagi ialah sport utility vehicle (SUV) bernama Almaz. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar